Pelatih Kepala Jacksen F. Tiago saat memberikan arahan kepada para pemainnya di Stadion Mandala Jayapura pada musim kompetisi 2019 silam. ( FOTO: Erik / Cepos)

Persipura Jayapura

JAYAPURA – Persipura Jayapura akan dijadwalkan menghadapi dua laga uji coba kontra tim Liga 1, Persita Tangerang pada 13 Februari dan PSS Sleman 22 Februari. 

Awalnya, Persipura juga dijadwalkan akan melakoni uji coba dengan kontestan Liga 1 lainnya, PSM Makassar. Namun kontra juara Piala Indonesia 2019 itu susah terealisasi, pasalnya PSM Makassar akan disibukan dengan jadwal AFC. 

Batal menjajal kekuatan PSM Makassar dalam laga uji coba yang akan digelar di Jogyakarta. Sebagai penggantinya, tim mutiara hitam akan berhadapan dengan tim Liga 2, Sulut United yang dijadwalkan pada 15 Februari.

Sang juru taktik tim berjuluk Mutiara Hitam, Jacksen F. Tiago, mengatakan, meski menghadapi tim kasta kedua, namun ia mengaku Sulut United sudah cukup untuk melihat perkembangan kualitas skuatnya.

“Kita sudah dapat lawan pengganti PSM tapi bukan selevel kita, ada tim Liga 2, Sulut United, tanggal 15 Februari nanti. Saya rasa cukuplah,” ungkap Jacksen Tiago dalam rilisnya, Selasa (11/2) siang kemarin. 

Pelatih asal Brasil itu menuturkan, batal melawan tim asal Sulawesi Selatan itu tidak mengganggu program latihan timnya. Meski bukan tim selevel, namun uji coba kontra Sulut United akan dimanfaatkan untuk menambah jam terbang pemain muda.

“Saya rasa momen itu baik untuk memberikan kesempatan pada pemain muda kita untuk mematangkan pemain yang pada musim lalu tidak banyak bermain,” ujarnya. 

“Saya rasa kita bisa jadikan momentum itu untuk memaksimalkan mereka. Kita coba memberikan wajah-wajah baru untuk mendapatkan jam terbang,” jelasnya. 

Sementara untuk dua laga uji coba Liga 1, Persita dan PSS Sleman, kata Jacksen merupakan ajang untuk menguji strategi dan taktik timnya jelang kompetisi Liga 1 musim ini. (eri/gin).