Anggota DPRP Papua, Agus Kogoya dan Orgenes Kawai saat menyerahkan dana pembelian lahan berkebun kepada masyarakat pegunungan yang ada di Kabupaten Jayapura, Jumat (12/6). ( FOTO: Robert Cepos)

SENTANI- Anggota DPRP Papua dari Fraksi Membangun Papua telah menyerahkan lahan seluas 1 hektar kepada masyarakat pegunungan yang tinggal di Kabupaten Jayapura. Lahan tersebut digunakan untuk kegiatan pertanian dalam rangka ketahanan pangan bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura.

Ketua Fraksi Membangun Papua, Agus Kogoya mengatakan, apa yang dilakukan pihaknya itu sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kepada masyarakatnya selama pandemi Covid-19 ini.

“Akibat Covid-19 ini, rakyat kami ini sangat terasa dampaknya  karena kekurangan bahan makanan dan tak ada lahan bagi mereka untuk berkebun sehingga kami berniat untuk menyediakan lahan bagi mereka,”kata Agus Kogoya kepada wartawan di Sentani, Jumat (12/6).

Dia mengatakan, penyebaran Covid-19 yang sudah terjadi hampir  4 bulan yang lalu itu telah membuat anggota DPRP dari Fraksi Membangun Papua berinisiatif memberikan lahan berkebun untuk warga Papua yang ada di Kabupaten Jayapura. 

“Gerakan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Lahan yang disediakan oleh Fraksi Membangun Papua itu diberikan kepada masyarakat Kabupaten Jayapura yang berasal dari Tolikara, Puncak dan beberapa warga pegunungan lainnya yang berdomisili di sekitar Kota Sentani, Kabupaten Jayapura. 

“Hari ini juga kami menyerahkan dana Rp 45 juta  kepada pemilik lahan supaya lahan ini bisa digunakan oleh masyarakat kami ke depan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap lahan yang diberikan itu bisa mengembangkan usaha pertanian untuk ketahanan pangan dan juga pemberdayaan ekonomi selama pandemi Covid-19 ini.

“Kalau lockdown ini berkepanjangan, sudah otomatis bahan makanan yang pabrikan yang berasal dari luar pasti tidak bisa lagi masuk ke Papua dan kita harus memanfaatkan potensi yang kita miliki untuk ketahanan pangan,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu anggota Fraksi Membangun Papua DPRP Papua, Orgenes Kawai mengatakan, program pemberian lahan terhadap masyarakat yang dilakukan pihaknya itu sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura. Di mana selama pandemi Covid-19 ini pemerintah telah menyerukan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura untuk kembali berkebun sebagai upaya untuk ketahanan pangan selama pandemi Covid-19 ini. 

“Ini sebagai dukungan dari DPRD terhadap program Bupati Jayapura yang telah mencanangkan program ketahanan pangan untuk masyarakat di Kabupaten Jayapura selama pandemi Covid-19 ini,” ujarnya. (roy/tho)