Forkopimda, Pimpinan OPD dan undangan lainnya saat  mengikuti pelantikan bupati dan wakil Bupati Merauke Drs Romanus Mbaraka, MT-Riduwan, S.Sos, M.Pd secara teleconference  di Auditorium Kantor Bupati  Merauke, Rabu (3/3). ( FOTO: Sulo/Cepos)

MERAUKE-Meski tidak hadir langsung, namun Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Merauke dan pimpinan  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Merauke mengikuti  pelantikan bupati dan wakil bupati Merauke Drs Romanus Mbaraka, MT-H. Riduwan, S.Sos, M.Pd lewat teleconference di Auditorium Kantor Bupati Merauke, Rabu (3/3). 

   Sebuah layar dipasang di depan auditorium, sehingga  Forkopimda  dan pimpinan SKPD yang hadir dapat mengikuti pelantikan tersebut dengan baik.  Tampak hadir Dandim 1707 Merauke Letkol Czi Muh. Rois Edy Susilo, ST, Kajari Merauke I Made Sumertayasa, SH, MH,   Ketua Pengadilan Negeri Merauke Natalia Maharani, SH, M.Hum, Wakapolres  Merauke Kompol Leonardo Yoga, SIK mewakili Kapolres, Danyon 175/Yalet, Komandan Satgas Pamtas 611/Awang Long dan sejumlah komandan satuan lainnya  serta pimpinan OPD  lingkup Pemkab Merauke  serta undangan lainnya. 

   Asisten III Setda Kabupaten Merauke Yacobus Duwiri, M.Si mengungkapkan bahwa pelantikan  bupati dan wakil bupati Merauke ini merupakan suatu keinginan besar dari masyarakat Merauke untuk segera mendapatkan pimpinan pemimpin baru. ‘’Dengan  adanya bupati dan wakil bupati  baru, sehingga bisa  menjalankan roda pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan yang  ada di Kabupaten Merauke terutama pelayanan kepada masyarakat,’’ katanya. 

   Ditanya wartawan  apakah nanti akan ada penyambutan,  Yacobus Duwiri mengungkapkan bahwa sebagai pimpinan daerah sudah barang tentu penyambutan tersebut ada dan juga syukuran atas pelantikan tersebut. “Tapi, kami belum tahu  kapan rencana balik dari  Jayapura, tapi sebentar baru saya tanyakan kepastiannya,’’  terangnya. 

  Di tempat sama, Dandim 1707 Merauke Letkol Czi Muh. Rois Edy Susilo, ST berharap dengan  pelantikan ini akan terjalin komunikasi dan sinergitas antara TNI, khususnya Kodim 1707/Merauke dengan  pemerintah daerah Kabupaten Merauke. ‘’Mudah-mudahan dari Pak Bupati apabila ada kegiatan-kegiatan yang melibatkan kita, kita bisa diberdayakan untuk ikut membangun dan menjaga keamanan di Merauke. Intinya memberdayakan TNI untuk memajukan ekonomi di wilayah Merauke. Kita bisa diberdayakan di sektor pertanian, peternakan perkebunan atau pembangunan di sini,’’ pungkasnya. (ulo/tri)