dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) ( FOTO: Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) menyebutkan bahwa Reproduction Number (R0) hanya satu dari sekian parameter yang digunakan untuk melihat perjalanan Covid-19. 

 Pasalnya, parameter lainnya, seperti tambahan kasus baru, kesiapan rumah sakit, hingga kecepatan pemeriksaan PCR dan kesiapan tenaga kesehatan juga menjadi tolok ukur menuju New Normal.

 “R0 itu menggambarkan berapa banyak orang yang terinveksi. Kita akan kombinasi dengan parameter lain, yakni berapa banyak kasus baru, berapa jauh kesiapan Alkes kita, itu semua akan kita kombinasi, akan update dengan ketat hingga 12 hari,” kata dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K), Jumat (5/6) kemarin.

 Pasalnya kalau menuju New Normal, maka 3 parameter yang digunakan yakni R0, jumlah bed di rumah sakit, hingga kecepatan pemeriksaan akan dievaluasi hari per hari.

  Disampaikan dr. Sumule bahwa evaluasi menyangkut R0 akan dilakukan pada 12 Juni mendatang. “Kita mulai dari tanggal 29 Mei lalu dengan angka R0 0,85. Kemudian pada tanggal 3 Juni angkanya 0,92. Ini sangat bergantung pada kasus-kasus baru. Evaluasi akan kita lakukan pada tanggal 12 Juni nanti,” terangnya.

 Ditambahkan dr. Sumule, berulang kali Wagub Klemen Tinal telah menyampaikan bahwa jika masyarakat menahan diri selama 12 hari ke depan, maka bukan tidak mungkin R0 dapat menurun angkanya.

 “Wagub berulang kali sampaikan  kalau kita tahan selama 12 hari ke depan, menahan diri dengan tetap tinggal di rumah, mengikuti protokol kesehatan, kalau keluar rumah hanya untuk keperluan tertentu, mengenakan masker hingga menjaga jarak, maka dalam 12 hari R0 kita akan turun,” pungkasnya. (gr/ary)