MERAUKE- Sebanyak   4  dari 6 warga  Kabupaten  Pegunungan  Bintang  diswab oleh Tim  dari Dinas Kesehatan  Provinsi Papua   yang turun langsung ke   ibukota Pegunungan Bintang untuk  melakukan   pengambilan  swab tersebut. 

   Kepala Seksi  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  Dinas Kesehatan Provinsi Papua  Yamamoto Sasarari   yang    menjadi ketua tim   ketika  dihubungi  media ini,  Sabtu  (6/6)  mengungkapkan, bahwa   keempat  warga yang  diswab   tersebut merupakan  permintaan dari  Pemerintah  Kabupaten  Pegunungan Bintang.  

  “Sebenarnya ada  6 orang. Tapi, setelah kita sampai   di sana kemarin, ternyata   2 orang  tidak ada. Kemungkinan  2  orang  itu sedang  ke kebun  mereka, sehingga  kami hanya  bisa mengambil swab   untuk selanjutnya kita periksa di  laboratorium  kesehatan daerah Jayapura,’’ kata  Yamamoto   Sasarari,  dari balik  telponnya. 

    Dikatakan, swab     yang dilakukan  tersebut   dalam rangka  mengetahui secara dini kemungkinan adanya  warga yang  sudah terpapar   Covid-19 di Pegunungan Bintang.   Selama  ini, kata Yamamoto  Sasarari, Kabupaten  Pegunungan Bintang merupakan salah satu   kabupaten di Papua yang masih   berada dalam zona  hijau  atau  belum ada laporan   warganya  terkonformasi  positif  Covid-19.

   Sehingga   untuk menjaga  hal tersebut, salah satunya dengan  melakukan  pemeriksaan  bagi  warga yang  dicurigai Covid-19. (ulo/tri)