JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua terus bergerak dalam menyambut Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Segala persiapan bidang terus dikebut. Termasuk persiapan venue pertandingan.

Hingga tahun 2020, pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda telah menyelesaikan 12 venue, baik yang bangun baru maupun bersifat renovasi. Di tahun 2021, Pemprov Papua melalui Disorda masih menyisahkan venue Rugby.

Selain venue di atas, Pemerintah Papua melalui Dinas PUPR Papua juga akan menyediakan 4 venue sementara (temporary) atau non permanen yang akan dikerjakan di awal tahun.

Venue sementara atau temporary yang akan dibangun ialah venue Layar, Selam Perairan, Gantole dan Paralayang.

“4 venue temporary itu dikerjakan dari teman-teman Dinas PU Papua, dan puji Tuhan semunya sudah diprogramkan dan dianggarkan,” ungkap Plt Kadisorda Papua, Alexander Kapisa kepada Cenderawasih Pos, Rabu (23/12).

Dirinya pun optimis, dari sisi venue, Pemerintah Papua telah siap menyambut event olahraga nasional empat tahunan itu.

“Saya dapat informasi dari teman-teman PUPR, mereka akan lelang dalam program multy years, jadi diharapkan Januari (2021) ini mereka sudah star pekerjaan,” ujar Alex.

Alex juga membeberkan, bahwa untuk venue Paralayang yang awalnya berada di Bukit Teletubis Sentani akan dipindahkan ke Buper Waena, Kota Jayapura. (eri/gin).