PON 2021 Papua

Wamen Wempi: Semua  Bertaraf Dunia

JAYAPURA – Kementrian PUPR dipercayakan membangun 7 (tujuh) venue cabang olahraga untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX 2021 Papua. Empat diantaranya telah rampung dan bahkan telah diserahterimakan kepada Pemerintah Provinsi Papua, yakni Aquatick, Histora, Criket dan Hockey.

Sementara tiga venue lainnya yang masih dalam tahap pembangunan (finishing) ialah, venue Sepatu Roda di Buper Waena, Panahan di Kampung Harapan dan venue Arena Dayung di Pantai Holtekamp.

Wakil Mentri PUPR, John Wempi Wetipo mengatakan, bahwa tiga venue yang masih menjadi tugas mereka akan terus dikebut dan semuanya ditargetkan akan rampung pada akhir Juli mendatang.

“Harapan kita akhir bulan Juli, pekerjaan kita bisa tuntas, Sepatu Roda, Dayung dan Panahan. Ini yang bisa kita tuntaskan, paling tidak diakhir Juli. Ini adalah wujud keseriusan kita dari pemerintah pusat melalui kementrian PUPR yang sudah kita kerjakan,” ungkap Wamen Jhon Wempi kepada awak media awak media saat mengunjungi venue Aquatic Papua Bangkit, Kamis (17/6).

“Ada tujuh venue yang sudah dikerjakan, dan tiga masih dalam pekerjaan dan empat sudah selesai dan sudah diserahterimakan dengan Pemerintah Provinsi Papua. Tinggal tiga yang belum dan semoga diakhir Juli selesai,” ujar Wamen.

Wamen Jhon Wempi menyebutkan, bahwa venue yang dibangun oleh Kementrian PUPR merupakan venue yang bertaraf dunia. Sebab itu, ia berharap, Pemerintah Papua nantinya bisa pro aktif dalam pemeliharaan serta pemanfaatan venue-venue tersebut.

“Memang fasilitas yang dibangun itu memang luar biasa, dan ini butuh maintenance juga. Dan kita harapkan dengan serahterima yang sudah dilakukan pemeritnah provinsi bisa lebih pro aktif merawat dan mengelola ini dengan baik,” kata Wamen.

“Paling tidak, sebelum PON ini sudah bisa didandani yang sudah terbangun dan saya harapkan bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya. (eri/gin).