JAYAPURA- Gedung Kantor Lama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pemkab  Deiyai, yang berlokasi di Jalan Belakang Perkantoran, dilahap si jago merah pada Sabtu (17/10) malam.

  Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Sementara untuk kerugian materiil masih menunggu keterangan dari Pemda Kabupaten Deiyai. “Untuk penyebab terjadinya kebakaran masih dilakukan penyelidikan oleh Satuan Reskrim Polres Deiyai,” kata Kamal saat dikonfirmasi, Minggu (18/10).

  Kamal menerangkan, kebakaran tersebut diketahui setelah anggota piket jaga Polres Deiyai mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi kasus kebakaran di Jalan belakang Perkantoran. Mendapat laporan tersebut, anggota langsung menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna memadamkan api.  “Bangunan semi permanen yang mudah terbakar sehingga anggota dan warga yang berada di sekitar TKP susah untuk memadamkan api tersebut, bahkan telah menghanguskan sebagian besar bangunan,” terang Kamal.

  Lanjut Kamal, api berhasil dipadamkan sekira pukul 22.00 WIT. Kantor Lama Dukcapil yang terbakar sudah lama tidak digunakan atau kosong, selain itu kondisi kantor yang sudah rusak dan letaknya yang jauh dari pemukiman. “Untuk Dinas Dukcapil sementara berkantor di Gedung Kantor Lama Dispenda Kabupaten Deiyai,” kata Kamal.(fia/tri)