Gelandang Persipura asal Jepang, Takuya Matsunaga (paling kiri) saat menggiring bola dalam laga perdana Shoee Liga 1 di Stadion Klabat Manado, Minggu (1/3) silam. ( FOTO: Erik / Cepos)

Persipura Jayapura

JAYAPURA – Meski manajemen Persipura telah memutuskan untuk kembali meliburkan pemainnya, namun duo legiun asing Mutiara Hitam, Thiago Amaral dan Takuya Matsunaga tetap stay di Kota Jayapura. 

Padahal sejak tim kembali diliburkan, beberapa pemain memilih kembali ke daerah masing-masing, seperti Jakarta, Bandung, Manado, Surabaya dan beberapa kota lain di Indonesia. 

Asisten manajer Persipura Jayapura, Ridwan Bento Madubun mengatakan, bahwa tak hanya duo legiun asing Mutiara Hitam yang tetap memilih tinggal di Kota Jayapura, namun duo pelatih asal Brasil juga masih stay di Kota Jayapura. 

“Pemain lainnya sudah pulang, kecuali ada beberapa pemain asing dan pelatih asing yang memilih tetap berada di Jayapura, seperti Thiago Amaral, Takuya Matsunaga, Breno Araujo (Pelatih fisik), dan Gerson (Pelatih Kiper),” ungkap Bento kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Jumat (27/3) siang kemarin. 

Kata Bento, kebijakan manajemen untuk merumahkan para pemainnya merupakan salah bentuk respon Persipura kepada kebijakan pemerintah dalam penanganan virus Corona atau covid-19. 

“Kami memilih merumahkan pemain, offisial dan tim pelatih karena hal terbaik bagi mereka dalam situasi ini adalah dekat dengan keluarga,” ujarnya. 

Mengenai kapan timnya kembali kumpul berlatih, kata Bento, tergantung kapan virus mematikan tersebut berlalu dan kapan PSSI dan PT LIB selaku operator liga menentukan jadwal baru. 

“Pemain untuk sementara waktu kami rumahkan dulu sampai batas waktu yang tidak ditentukan, akan kami sesuaikan nantinya bila ada petunjuk atau ketentuan baru dari PSSI atau LIB,” tandasnya. (eri/gin).