JAYAPURA –PLN UIW Papua dan Papua Barat dan PLN UIP Papua dan Papua Barat melakukan penandatanganan kerjasama dengan Kantor Pertanahan Kab/Kota –se Provinsi Papua dan Papua Barat yang dilaksanakan di Swiss-Belhotel Jayapura, Rabu (15/7) lalu.

 Ini  merupakan sebuah upaya yang dilakukan PLN dan BPN untuk bersinegi membantu PLN dalam hal melistriki Papua dan Papua Barat sesuai moto PLN yaitu “Papua Terang”.

Suasana penandatanganan perjanjian kerjasama antra PLN UIW Papua dan Papua Barat dan PLN UIP Papua dan Papua Barat dengan Kantor Pertanahan Kab/ Kota –se Provinsi Papua dan Papua Barat, di Swiss-Belhotel Jayapura, Rabu (15/7) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

 Kepala Kanwil BPN Provinsi Papua, John Wiclif Aufa menjelaskan, pihaknya siap mendukung PLN dalam hal menerangi Papua. Khususnya dalam permasalahan pertanahan di Papua yang dinilai cukup berbeda dengan masalah pertanahan di luar Papua.

“Dengan adanya kerja sama yang dilakukan seperti saat ini, kami harap semua kepala kantor yang hadir dan telah melakukan penandatanganan dapat bersama-sama menyelesaikan masalah-masalah sengketa dan masalah aset-aset PLN, terkait pendaftaran tanah sampai dengan sertifikasi dan juga pengadaan tanah seperti halnya dalam membangun PLTU, PLTMG yang sangat dibutuhkan untuk Papua,’’ungkapnya  kepada Cenderawasih Pos, Rabu (15/7) kemarin

 PLN dan BPN siap membantu pembangunan di Papua namun tetap mengikuti aturan dan undang-undang yang berlaku di Republik Indonesia.

 Sementara itu, General Manager PLN UIW Papua dan Papua Barat, Abdul Farid menjelaskan, dengan program PLN Papua Terang, artinya menyiapkan listrik yang unggul dan merata diseluruh Papua. 

  Mengingat sampai dengan saat ini masih ada desa (kampung-kampung) yang belum berlistrik, untuk itu dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat membantu PLN dalam hal mensukseskan program PLN.

 “Untuk mewujudkan hal ini perlu pembangunan-pembangunan infrastruktur kelistrikan berupa pembangkit, transmisi, gardu induk dan sebagainya. Pastinya untuk mempersiapakn semua ini membutuhkan penyediaan tanah. Dalam rangka penyediaan tanah ini sering beberapa kali mengalami kendala. Untuk itu sangat dibutuhkan sinergi antara PLN dan BPN seperti yang telah kami lakukan,” terangnya.

Ditambahkan General Manager PLN UIP Papua dan Papua Barat, Reisal Rimtahi H. menjelaskan bahwa dengan adanya kerja sama ini, UIP Papua komitmena mensukseskan program pemerintah dan program PLN, termasuk apa yang sudah di canangkan oleh PLN UIP yaitu program Papua Terang dan sebagainya.(ana/ary)