Pasangan Bakal Calon Bupati petahana Kabupaten Yahukimo Abock Busup dan Wakilnya Bupati Yulianus Heluka  yang dinamai  Pasangan ABYU Jilid II berorasi di depan ribuan massa pendukungnya saat deklarasi, Sabtu (05/09). (Foto: Tim ABYU Jilid II )

DEKAI – Mulai dari penyambutan Bupati Yahukimo Abock Busup dan Wakil Bupati Yulianus Heluka,  kemudian Deklarasi ABYU Jilid II hingga pendaftaran di KPU Yahukimo terkumpul 668 babi dan satu ekor sapi  sumbangan sukarela dari masyarakat Yahukimo, sumbangan ini sebagai bentuk dukungan untuk pasangan Abock Busup – Yulianus Heluka yang akan maju kembali dalam pilkada Yahukimo 2020.

Koordinator Tim Deklarasi ABYU Jilid II Kwalbonange Dabla mengatakan, saat penyambutan disetiap distrik warga bakar batu minimalnya ada dua kolam bakar batu.

“Di Yahukimo ada 51 distrik masing-masing distrik minimalnya ada dua kolam bakar batu, itu baru penjemputan belum deklarasi,” katanya, Rabu (09/09).

Saat penjemputan terkumpul 488 babi dan satu ekor sapi, sapi ini sumbangan dari paguyuban Nusantara di Yahukimo, kemudian deklarasi ada penambahan 100 ekor babi,  saat pendaftaran bertambah lagi hingga totalnya 668 babi dan satu sapi.

“Yang terhitung saja 668 babi dan satu ekor sapi, belum yang tidak terhitung,” tuturnya.

Dilapangan Yahukimo Bangkit saat deklarasi, disepanjang pinggir lapangan dibuat komposisi L semua diisi kolam bakar batu. “L itu mengandung artinya lanjutkan,” katanya.

Diakuinya, entah berapa ratus kolam bakar batu yang dibuat masyarakat untuk mendukung ABYU Jilid II, karena kolam bakar batunya tersebar di kampung-kampung dan distrik. “ Masyarakat berkelompok makan bakar batu ditempatnya masing-masing, dan sisanya dibawa pulang,” katanya. 

Saat kedatangan ABYU Jumat (04/09) ribuan masyarakat Yahukimo dari berbagai suku menyambut kedatangannya dengan tarian dan nyanyian.

 Pasangan ini  diarak keliling kota Dekai dan titik terakhir di lapangan Yahukimo Bangkit.

Demikian juga saat deklarasi, Sabtu (05/09) ribuan masyarakat dari berbagai suku memenuhi lapangan Yahukimo bangkit, deklarasi pasangan ABYU diwarnai tarian dari masyarakat, sambil menikmati bakar batu juga dihibur oleh penyanyi lokal Nimbrod Wakerwa dan Toni Uk. 

Saat pendaftaran, pasangan ini pun mengikuti protocol kesehatan, tanpa melibatkan banyak massa, hanya diantar ketua partai koalisi dan sekretaris.

Pasangan Abock Busup – Yulianus Heluka  diusung Koalisi ABYU Jilid II di dukung 8 partai politik yang memiliki kursi di DPR Yahukimo yaitu PAN, Demokrat, PKB, Gerindra, PPP, PSI, PBB, PKS dan dua partai politik non seat yaitu PDI Perjuangan dan Garuda, dengan jumlah kursi 24 dari 35 kursi yang ada di DPR Yahukimo atau 75 persen. 

Pasangan Abock Busup – Yulianus Heluka  akan melanjutkan program Yahukimo Bangkit, Mandiri dan Sejahtera, dengan slogan Yahukimo Rumah Kita Bersama.

“Kenapa Yahukimo Rumah Kita Bersama, karena di Yahukimo terdiri berbagai suku, suku aslinya saja ada 12 suku belum suku yang lainnya. Jadi mari sama-sama membangun Yahukimo karena Yahukimo Rumah Kita Bersama,” kata Koordinator Tim Deklarasi ABYU Jilid II Kwalbonange Dabla. ( tim ABYU jilid II)