Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago. (FOTO: Erik / Cepos)

Peripura Jayapura

JAYAPURA – Persipura Jayapura dijadwalkan akan menggelar 5 kali uji coba jelang bergulirnya Liga 1 2020 pada 29 Februari 2020 mendatang. Saat ini tim berjuluk Mutiara Hitam itu telah menjalani 3 kali uji coba. Dilaga uji coba pertama, tim besutan Jacksen F. Tiago itu menang 7-0 atas tim amatir Jawa Timur, Putra Jaya FC dengan skor 7-0. Dilaga uji coba kedua Persipura kembali menang 2-0 atas Asifa FC dan kembali menang 7-0 atas Persekam Metro FC.

Pekan ini, tim yang telah mengoleksi 4 gelar juara Liga Indonesia itu kembali melakoni laga uji coba. Jika sebelumnya menghadapi tim amatir Jawa Timur, kali ini Boaz Solossa dan kawan-kawan akan menjajal tim sesama kontestan Liga 1.

Persipura akan menghadapi tim promosi Liga 1 musim ini, Persita Tangerang pada 13 Februari, dan PSS Sleman pada 22 Februari di Yogyakarta.

“Kita akan lakukan uji coba dengan tim selevel kita. Tanggal 13 dengan Persita dan 22 PSS Sleman, mungkin kita uji coba dengan Persita dan PSS Sleman di Yogyakarta,” ungkap Jacksen kepada Cenderawasih Pos via telepon selulernya, Senin (10/2) siang kemarin.

Selain menjajal Persita Tangerang dan PSS Sleman, Persipura juga dikabarkan ingin menjajal kekuatan juara Piala Indonesia 2019, PSM Makassar. Namun Persipura memiliki peluang sangat kecil bisa bersua dengan tim asal Sulawesi Selatan itu, pasalnya PSM Makassar juga akan disibukan dengan jadwal AFC.

“Kita juga berusaha agar bisa melakukan uji coba dengan PSM Makassar dan sudah ada komunikasi, namun kemungkinan besar tidak bisa tercapai, karena mereka ada pertandingan di AFC,” ujar pelatih asal Brasil itu.

Dijelaskan Jacksen, melawan Persita dan PSS Sleman merupakan ajang uji strategi dan taktik, pasalnya selama ini, dari tiga uji coba yang sudah dilakoni timnya belum menjadi patokan mereka untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim ini.

“Saat melawan tim selevel baru kita bisa punya patokan yang pasti dan jelas. Tapi untuk saat ini cukup baik, intensitas yang kita kembangkan cukup baik. Uji coba pertama maupun tim kedua dan ketiga saya akui lawannya dibawah level kita, sehingga mungkin lebih mudah dan kita perlu dengan lawan yang intensitas kualitas sama dan memberi tekanan kepada kita dengan situasi yang sama,” bebernya.

Sementara untuk jadwal uji coba dengan tim luar negeri, Jacksen masih enggan membeberkan mengenai tim tersebut. Menurutnya, timnya akan menyampaikan kepada publik jika agenda uji coba tersebut telah dijadwalkan. (eri/gin).