MERAUKE-Jumlah  warga yang  terkonfirmasi  positif  secara  kumulatif  di Kabupaten Merauke ini  terus bertambah.   Tertanggal   19 September  2020, jumlah yang   positif secara  kumulatif  sebanyak 77  orang. Ini setelah  3 pelaku perjalanan   dinyatakan  positif.

  “Hari ini,  ada tambahan   3   terkonfirmasi positif  Corona,’’ kata   Juru Bicara   Covid-19 Kabupaten   Merauke  dr. Nevile   R. Muskita   ketika dihubungi   Cenderawasih Pos, Sabtu   (19/9).

  Nevile menjelaskan bahwa ketiga  orang  yang positif  Corona  tersebut  adalah pelaku perjalanan. ‘’Ketiganya anggota   TNI  yang merupakan  pelaku  perjalanan,’’ jelasnya.

  Meski ada tambahan  3 pasien baru, namun ada juga yang    sembuh  sebanyak 2 orang, sehingga  total yang sudah sembuh secara kumulatif  sebanyak  62  orang. Dengan begitu, lanjut mantan  Direktur  RSUD  Merauke  ini,   jumlah pasien   Covid-19  yang sedang  menjalani  perawatan  di  RSUD Merauke sebanyak  15  orang.

     Sementara   pasien dalam  pengawasan atau   yang dalam status suspek  tetap sama  dengan  beberapa hari sebelumnya  sebanyak 7 orang. Untuk    orang dalam  pengawasan ini   menjalani perawatan  di RSUD Merauke karena  memiliki gejala  Covid-19.  Sedangkan    kontak erat atau orang  dalam pemantauan sebanyak 46  orang.

    Nevile R. Muskita  meminta  masyarakat   Merauke untuk tetap   patuh menjalankan  protokol  kesehatan dengan mengunakan masker  saat berada di luar rumah,   jaga jarak  dan  sering mencuci tangan.  Sementara   untuk  setiap pelaku  perjalanan  terutama  bagi mereka yang baru datang dari luar  Merauke diwajibkan  untuk melakukan karantina  mandiri   di rumah serta  mematuhi protokol kesehatan. Karena   sebagian besar  yang  terkonformasi  Covid-19  tersebut  adalah pelaku perjalanan  dari luar Merauke.  (ulo/tri)