*Totalnya Sudah 19 Orang*

SENTANI-Sejak awal masa pandemi Covid-19 hingga saat ini, sudah ada 19 pasien yang terpapar Covid-19 meninggal dunia.

“Sudah 19 pasien Covid-19, yang meninggal dunia,  hari ini ada dua pasien yang meninggal,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 , Kabupaten Jayapura, Khairul Lie dalam releasenya yang diterima wartawan di Sentani, Kamis (5/11), kemarin.

Dia mengatakan, jumlah pasien Covid-19 secara komulatif yang ada di Kabupaten Jayapura sebanyak 616 orang sedangkan dari jumlah itu, ada 485 pasien atau 79% sudah dinyatakan sembuh.

“Jadi dari jumlah kasus yang ada di Kabupaten Jayapura ini, jumlah pasien yang sudah dinyatakan sembuh sudah mencapai 485 orang. Sebuah capaian yang luar biasa dan patut diberikan apresiasi kepada tim medis yang memang bekerja keras untuk penanganan penyebaran Covid-19 ini,” ungkap Khairu Lie.

Sementara pasien yang saat ini dirawat mencapai 112 orang. Sebagian besar dari pasien itu menjalani rawat isolasi Mandiri di rumah masing-masing. Sejauh ini, pasien yang dirawat dengan isolasi di rumah sakit hanya khusus bagi pasien yang bergejala. Sedangkan pasien yang dinyatakan positif tapi tidak memiliki gejala, direkomendasikan untuk melaksanakan perawatan dengan isolasi Mandiri di rumah masing-masing yang tentunya dilakukan pengawasan oleh tim medis.

“Hari ini ada dua yang meninggal, kemudian ada 6 yang dirawat baru,” ujarnya.

Dia mengatakan, meskipun jumlah pasien yang sudah dinyatakan sembuh sangat banyak, namun masyarakat diminta untuk tetap waspadai penyebaran Covid-19 ini. Cara terbaik yang dilakukan oleh masyarakat yaitu selain menerapkan protokol kesehatan dengan 3 M, juga yang terpenting adalah bagaimana tetap menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta rutin berolahraga.

“3 M wajib diterapkan seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker, tapi juga yang tidak kalah penting di sini, kita wajib menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin dan makanan-makanan yang bergizi, kemudian kita juga wajib untuk berolahraga,” tambahnya.(roy/tho)