Kondisi Jalan Pasar Lama Sentani yang tergenang air akibat saluran air di jalan itu tersumbat. ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Saluran air di Jalan Pasar Lama Sentani tersumbat, menyebabkan air meluap ke badan jalan.

“Hari biasa sudah seperti ini, apalagi kalau hujan, pasti kondisiya lebih parah,” ujar Udin Saleh, salah seorang warga setempat kepada wartawan di Pasar Lama Sentani, Selasa, (24/11) kemarin. Dia mengakui, kondisi ini sudah berlangsung lama dan sampai saat ini belum ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura. Kata dia sebelumnya pemerintah juga sudah pernah mengeruk saluran drainase tersebut, namun pekerjaannya tidak tuntas sehingga saluran air tersebut kembali tersumbat dan menyebabkan air dari saluran drainase itu tumpah ke jalanan.

“Sebelumnya sudah dibersihkan, tapi pekerjaannya tidak tuntas,”ungkapnya.

Pihaknya berharap, agar Pemkab Jayapura melalui instansi teknis segera memperhatikan saluran air di Pasar Lama itu. Kata dia, persoalan itu sudah berlangsung lama, di mana tentunya pemerintah juga sudah melihat langsung masalah yang dihadapi oleh masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan tersebut.

“Akibat saluran tersumbat sebenarnya ada banyak masalah yang terjadi. Tidak saja air yang tumpah ke jalan, tapi yang paling buruk itu lumpur yang ada di depan kawasan pemukiman, ini mengandung bau yang tidak sedap,” tuturnya.(roy/tho)