Dr Trajanus Yembise (Gamel Cepos)

Daerah-daerah Diminta Siapkan Sarpras untuk Dukung Kinerja Dokter 

JAYAPURA–Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih, Dr Trajanus Yembise mengungkapkan bahwa saat ini Fakultas  Kedokteran Uncen telah mengantongi akreditasi B dan setiap tahun menghasilkan dokter-dokter siap pakai dan siap untuk didistribusikan ke daerah – daerah. Hanya saja yang perlu diperhatikan dalam proses ini adalah kesiapan daerah untuk menerima tenaga dokter tersebut. Jangan sampai SDM ready namun tak ditunjang dengan sarana prasarana. 

 “Untuk sarpras di kabupaten kita patokan saja  jika di Jayapura Sarprasnya sudah lengkap maka kita bisa membuat di beberapa kabupaten yang lain namun perkembangan terakhir dengan adanya otonomi khusus ini ada penguatan dibidang kesehatan dan pendidikan. Masing – masing kabupaten memang harus  melengkapi itu tapi tak hanya sarpras melainkan Sumber Daya Manusianya (SDM),” jelas Trajanus kepada Cenderawasih Pos di Auditorium Uncen pekan kemarin. Kekhawatirannya adalah ketika sudah selesai kuliah dan sudah memiliki kompetensi kemudian mengabdi di daerah sementara daerah tersebut tidak didukung dengan alat maupun  sarpras yang sesuai dengan kebutuhan keilmuannya.

 Kalau ini terjadi maka sudah pasti dokter  tersebut tidak dapat mempraktekkan ilmunya sehingga para tenaga dokter kemungkinan akan lebih banyak menumpuk di Jayapura. “Terutama   dokter spesialis sehingga kami pikir kepala daerah juga perlu memikirkan soal ini. Jangan sampai ketika dokter tersebut mau mengabdi di kabupaten namun nyatanya tidak didukung dengan kelengkapan alat akhirnya dokter ini kembali ke Jayapura atau dipakai ke daerah atau provinsi lain,” wantinya. Trajanus menyampaikan bahwa persoalan kesehatan dan pendidikan bukan hanya tugas Uncen tetapi menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah. 

 “Jika Pemda ingin wajah pendidikan dan kesehatan mereka baik maka ia  harus menginvestasi sumber daya dan sumber dana untuk mengadaan sarpras termasuk mempersiapkan SDM dan juga menyiapkan putra putri daerahnya untuk bisa menjadi tenaga pengajar ataupun tenaga kesehatan. Tapi ingat untuk Fakultas Kedokteran Uncen juga ada standar nilai yang bisa digunakan untuk bisa masuk ke Fakultas Kedokteran makanya saya katakan tadi ini juga perlu disiapkan oleh keluarga maupun pemerintah daerah terkait sarana pendidikan dasar hingga pendidikan atasnya,” pungkasnya.  (ade/wen)