PADAMKAN API: Seorang petugas pemadam kebakaran saat memadamkan sisa api yang membakar salah satu rumah di alan Perwakin, Dok V Atas, Kelurahan Trikora, Distrik Jayapura Utara, tadi malam.( FOTO : Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA-Satu unit rumah di Jalan Perwakin, Dok V Atas, Kelurahan Trikora, Distrik Jayapura Utara, rata dengan tanah akibat dilumat si jago merah, Senin (25/3) malam sekira pukul 21.00 WIT.

Rumah yang terbakar tersebut ditinggal pemiliknya Lince Kadepa berjualan di Pasar Mama-mama Papua. Saat api membakar rumahnya, Lince mengaku dalam perjalanan pulang dari pasar.

Kadepa membeberkan bahwa saat peristiwa itu, dirinya sudah dekat rumah. Namun, ketika sementara mengobrol dengan kedua temannya yang juga merupakan warga setempat, terlihat api besar yang sedang menyala dengan asap yang membumbung di udara.

 Melihat hal itu, Lince langsung panik dan berteriak walaupun saat itu ia belum tahu kalau rumahnya yang terbakar. 

“Ketika api sedang menyala, saya dengan teman 2 orang lihat dari atas asap hitam. Saya duga itu rumah saya, hingga turun ke bawah ternyata benar itu rumah saya,” ujar Lince Kadepa kepada Cenderawasih Pos di lokasi kebakaran, Senin (25/3) malam.

Dengan konstruksi rumah yang sebagian besarnya terbuat dari kayu ditambah tak ada seorangpun di rumah membuat api cepat membesar dan membakar habis rumah korban. 

“Di rumah, barang-barang mulai dari perhiasan, ijazah, dan surat-surat penting lainnya, termasuk uang, terbakar semuanya. Tidak ada yang tersisa,” tambahnya.

Penyebab kebakaran hingga kini belum diketahui dengan pasti. Namun diduga kebakaran terjadi akibat disulut arus pendek.

“Kalau sore, saya pergi ke pasar saya selalu meninggalkan lampu depan dalam keadaan menyala supaya ketika pulang di waktu malam lampu tersebut yang membantu penerangan saya jalan ke rumah,” pungkasnya.

Sementara itu, Pemadam Kebakaran Kota Jayapura yang tiba di lokasi baru bisa memadamkan api sekira pukul 22.00 WIT. (gr/nat)