SENTANI- Distrik Airu yang menjadi bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Jayapura,  merupakan salah satu daerah tersulit di Kabupaten Jayapura yang kini sudah tersambung jaringan internet.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustav Griapon mengatakan, pemasangan internet di wilayah itu merupakan bantuan visa internet dari Kementerian Kominfo melalui badan aksesibilitas dan informasi ( Bakti), Program Universal Service Obligation (USO).

Suasana pemasangan Vsat di Puskesmas Airu, Distrik Airu, Sabtu (1/8). (FOTO: Kominfo for Cepos)

“Untuk Distrik Airu sudah terpasang jaringan internet sehingga ini menjadi satu terobosan baru dan merupakan sebuah  kemajuan yang besar untuk keterbukaan informasi publik di sana,” kata Gustav Griapon, Senin (3/8).

Untuk saat ini, jaringan internet bantuan dari Kementerian Kominfo tersebut dipasang di Puskesmas Airu. Diharapkan kehadiran  jaringan internet ini dapat membawa perubahan besar di wilayah itu. Diakuinya, kehadiran jaringan internet ini juga sangat dibutuhkan untuk membantu para tenaga medis untuk menyampaikan laporan dan program kerjanya kepada pemerintah daerah dan pusat.

“Ini sangat membantu pemerintah khususnya tenaga medis yang bekerja melakukan pelayanan kepada masyarakat di wilayah itu,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, program bantuan dari Kementerian Kominfo itu tersebar di lima Puskesmas di beberapa distrik di Kabupaten Jayapura. 5 Puskesmas itu juga sudah tersambung oleh jaringan internet yang sama dari bantuan itu. Adapun Puskesmas yang mendapatkan bantuan sambungan internet dari Kementerian kominfo itu. Puskesmas Genyem, Distrik Nimboran, Puskesmas Lereh, Distrik Kaureh, Puskesmas Demta Distrik Demta, Puskesmas Depapre Distrik Depapre, Puskesmas Airu, Distrik Airu.

“Puskesmas yang lain belum terkoneksi dengan jaringan internet dan akan menyusul,”pungkasnya.(roy/tho)