Disnakerindag Pastikan Semua Komoditi Tersedia

WAMENA-Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan (Disnakerindag) Jayawijaya Lukas Kossay, memastikan stok pangan untuk kebutuhan masyarakat sangat tersedia selama natal hingga memasuki tahun baru 202. Ketersediaan pangan ini terlihat dari antusias warga di pasar dan pertokoan di wilayah Kota Wamena dan telah dipastikan oleh Dinakerindag.
Diakui Lukas Kossay, bahwa ada kekhawatiran dari warga terkait ketahanan pangan, namun setelah dilakukan pengecekan ke lapangan stok pangan di Jayawijaya masih cukup hingga akhir tahun, sehingga warga tak perlu khawatir.
“Kami atas nama pemerintah daerah mengharapkan masyarakat tidak boleh khawatir stok pangan kita, karena sudah aman sampai hari raya maupun tahun baru juga masih terus tersedia, petugas kami telah turun untuk melihat stok di lapangan,” ungkapnya Rabu (23/12) kemarin.
Lukas Kossay mengatakan masyarakat khawatir karena menduga sembilan bahan pokok yang diangkut dari Bandara Sentani di Jayapura hanya singgah saja di Bandara Wamena lalu diangkut ke sejumlah kabupaten pemekaran.
“Yang jelas sembako Jayawijaya aman dahulu, baru boleh keluar. Nanti teman-teman di kabupaten pemekaran boleh datang ambil di kita. Kita tidak mungkin biarkan mereka, tetapi juga kita tidak prioritas mereka, sebab kita utamakan stok Jayawijaya dahulu,” jelas Lukas.
Disperindag Jayawijaya sudah melakukan kajian ke pasar, distributor maupun toko-toko penyedia sembako terkait ketahanan stok selama akhir tahun 2020. Dan dipastikan semua kebutuhan pokok masih tersedia.
“Menyangkut stok barang, semuanya aman sampai Januari, jadi kami mohon kepada warga untuk menghadapi natal dan tahun baru tidak usah ragu, semua stok sudah aman,” kata Lukas Kosay.
Menurut dia, beberapa komoditi yang selama ini didatangkan dari Jayapura melalui Bandara Wamena juga tercukupi untuk menjawab kebutuhan pasar Jayawijaya. Komoditi dari Jayapura ke sini seperti tomat, rica, bawang, ikan termasuk lain-lain itu aman juga semuanya sudah terpenuhi di pasaran Wamena.
“Hingga kini tidak ada gejala fluktuasi terhadap sayur-mayur di pasaran di Jayawijaya, sedangkan menyangkut harga di pasar, sesuai HET, tidak ada perbedaan atau masih berada pada posisi normal sampai sekarang,” tutupnya.(jo/tri)