JAYAPURA-Hotel Sahid Jayapura dan Hotel Muspagco adalah tempat yang dipakai Pemerintah sebagai rumah sehat dalam  perawatan pasien Covid-19 Kota Jayapura untuk pasien Covid-19 Orang Tanpa Gejala (OTG), gejala ringan dan gejala sedang. Anehnya selama berbulan-bulan Hotel Sahid ini disewa oleh Pemkot Jayapura, tampaknya karyawan Hotel Sahid Jayapura yang ikut melayani pasien Covid-19 tidak ada yang terkena sama sekali.

Direktur Utama Cenderawasih Pos Hj Nurul Hidayah K, dan Pemred SKH Cenderawasih Pos Lucky Ireeuw foto bersama GM Hotel Sahid Jayapura Deprido Reflianto, di Gedung Graha Pena Kantor SKH Cenderawasih Pos di Entrop, Senin (12/10) kemarin. (FOTO: Priyadi/Cepos)

   Hal ini menurut General Manager Hotel Sahid Jayapura Deprido Reflianto, karena selama ini karyawan Hotel Sahid Jayapura dalam memberikan pelayanan kepada pasien Covid-19 di sana selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti tim medis setiap bekerja memakai baju hazmat apakah itu mengantarkan makanan, mengambil sisa makanan, membersihkan kamar pasien. Dan makanan yang diantarkan ke pasien tempatnya langsung dibuang di kantong sampah yang telah disiapkan lalu kantong sampah sebelum diangkut juga disemprot dulu dengan cairan desinfektan.

  “Karyawan kami sekira 35 orang sampai sekarang tidak ada yang terkena Covid-19 dalam melayani pasien Covid-19 yang dirawat di Hotel Sahid Jayapura dan Hotel Muspagco, karena selalu menerapkan protokol Kesehatan,'”katanya kepada wartawan Cenderawasih Pos, Senin (12/10)  kemarin.

  Selain menerapkan protokol kesehatan, untuk menjaga imunitas tubuh karyawan, semua karyawan dalam bekerja diberikan asupan makanan yang baik apakah itu mengandung  vitamin, mineral, dan suplemen lainnya, karena ini perintah dari owner Hotel Sahid Jayapura.

Ditambahkan, jika sudah bekerja melayani pasien Covid-19 baju hazmat tidak dipakai lagi langsung dibuang. Sebelum pulang karyawan wajib mandi dulu di hotel, setelah itu pakai pakaian yang bersih dan bebas dari kuman baru bisa pulang.      

  Selain itu, untuk menjaga area Hotel Sahid Jayapura tidak terkontaminasi virus Corona area Hotel Sahid selalu disemprot dengan cairan desinfektan, sehingga aman dalam beraktivitas.

Pihaknya berharap, semua kebutuhan baik karyawan, tim medis dan pasien bisa selalu dilengkapi apakah APD, suplemen baik makanan minuman, obat-obatan dan lainnya yang bisa diberikan oleh donatur atau lainnya. Dengan demikian, bisa menambah semangat bagi semua yang ada di sana dan tentu juga doa dari masyarakat maupun keluarga, supaya pasien Covid-19 bisa cepat sembuh dan bertemu dengan keluarga kembali.(dil/wen)