Prosesi pelantikan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Jayapura oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Senin (16/3), kemarin. ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Pengurus Dewan Kesenian Tanah Papua (DKTP), Kabupaten Jayapura resmi dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani,  Senin (16/3), kemarin.

Ketua Dewan Kesenian Tanah Papua, Kabupaten Jayapura, Dra. Hanna Hikoyabi, S.Pd, M.KP, segera melakukan konsolidasi internal di tingkat koordinator kepengurusan. Konsolidasi dilakukan untuk merumuskan kegiatan-kegiatan Dewan Kesenian Tanah Papua, Kabupaten Jayapura.

“Kita akan kembali melakukan konsolidasi internal, merumuskan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh setiap koordinator,” kata Hanna Hikoyabi saat ditanya wartawan  usai pelantikan itu.

Dia mengatakan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin merapikan kepengurusan DKTP ini. Hal penting lainnya akan menertibkan  sanggar-sanggar yang tersebar berhamburan dan akan dikumpulkan kembali dan menugaskan sanggar untuk mendukung kesenian di setiap kampung serta mengangkat seni budaya atau kreasi yang ada di tiap kampung. 

Selain itu, pihaknya akan melakukan kolaborasi dengan paguyuban dan kesenian yang ada di Tanah Papua.

“Kita akan berkolaborasi dengan paguyuban dan kesenian yang ada di Tanah Papua. Saya pikir ada kebesaran-kebesaran Ondoafi yang selama ini belum terangkat. Maka itu, kita akan identifikasi dan juga membangun kembali kesenian yang ada di kampung-kampung,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Keseninan Tanah Papua (DKTP) Provinsi Papua Nomensen Mambraku melalui Wakil Sekretaris Dewan Kesenian Tanah Papua (DKTP) Provinsi Papua, Pdt. Bim Mauri berharap kepada ketua dan pengurus Dewan Kesenian Tanah Papua (DKTP) Kabupaten Jayapura yang baru dilantik tetap bergandengan tangan dan semangat dalam menjaga budaya Papua.

“Kepada ibu ketua dan seluruh jajaran pengurus yang baru dilantik, saya berharap tetap bergandengan tangan dan dalam semangat semboyan Kabupaten Jayapura ‘Khenambay Umbai Reay Mai,”harapnya. (roy/tho)