Doren Wakerkwa ( foto : Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Sudah menjadi tradisi, di mana sehari sebelum Peringatan HUT Kemerdekaan RI di tiap tahunnya selalu  dilakukan kegiatan pawai obor atau yang akrab dikenal Taptu. Hal ini pula yang akan dilakukan dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun ini.

“Sehari sebelum HUT RI, sebagaimana menjadi rangkaian dalam Peringatan HUT RI ke-74, pada 16 Agustus kami akan melaksanakan beberapa agenda. Dalam hal ini, pelaksanaan pawai obor atau Taptu, pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), hingga berziarah ke Taman Makam Pahlawan,” sebut Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa kepada Cenderawasih Pos, Jumat (15/8) kemarin.

 Seperti diketahui, pawai obor atau Taptu ini akan dilaksanakan pada 16 Agustus petang usai Upacara Taptu dilakukan, sekiranya pukul 18.00 WIT. Rute Taptu di Kota Jayapura sendiri mulai start dari Halaman Kantor Gubernur Papua menuju Taman Imbi Pusat Kota Jayapura.

“Panitia menyiapkan dengan baik, sehingga kegiatan dapat berjalan, seperti halnya jalan sehat, lari 10 km, lomba hias perahu, sampai dengan pertandingan sepak bola piala bergilir umur 16 tahun sudah terlaksana dengan baik dalam rangka memeriahkan HUT RI di tahun ini,” pungkasnya. (gr/ary)