Pasangan Didimus Yahuli – Esau Miram memberikan keterangan pers di Jayapura usai melakukan tes kesehatan, Rabu (9/9) kemarin. ( FOTO: Gamel/Cepos)

Minta Saling Menghargai Untuk Kedamaian Daerah

JAYAPURA – Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo, Didimus  Yahuli – Esau Miram berharap masyarakat ikut menciptakan situasi keamanan daerah yang kondusif baik jelang maupun pasca Pemilu nanti.

   Yahukimo butuh kedamaian untuk mendorong pembangunan yang selama ini dianggap masih jauh dari harapan. Bentuk saling menghargai juga harus ditunjukkan guna menyatakan bahwa demokrasi di Yahukimo terus tumbuh ke arah lebih baik. 

  Pasangan Dy Em ini juga menyatakan optimis bisa menjadi peserta setelah berkas persyaratan pencalonan hanya tersisa tanda terima terkait LHKPN. “Demokrasi di daerah (Yahukimo) harus tumbuh dan kita pelakunya, semua harus membawa damai untuk daerah dan memberi respect pada pasangan lain,” beber Didimus usai melakukan tes kesehatan di RSUD Dok II, Rabu (9/9).   

   Ia sendiri menyatakan siap jika KPU mau melakukan verifikasi faktual terkait ijasah. “Kami sangat siap, sudah ada alamat kampus dimana Esau di Biak dan saya sendiri di Uncen, silahkan diverifikasi,” imbuhnya. 

  Esau menyatakan hal yang sama meminta pendukungnya lebih dewasa dan tidak terprovokasi. Ia meyakini Yahukimo akan tetap aman meski disebut daerah rawan konflik. Sementara Neles Yando perwakilan Suku Mek menyatakan 80 persen masyarakatnya   siap memenangkan pasangan Didimus – Esau. Ini menjadi komitmen masyarakat  untuk mendukung pasangan yang mengusung semangat pemulihan. 

   “Selama ini berpikir pak Ones akan kemana? tapi beliau akhirnya memutuskan ke Didi – Esau, setelah Oto Kobak dilanjutkan Ones Pahabol dan kini Didimus. Kami siap  untuk memenangkan,” singkatnya.

  Tokoh masyarakat Yali Yohanis Kobak  juga satu suara. “Kami dari suku Yali optimis suara bulat untuk mendukung Didimus Esau dan kami harap pasangan  ini menjadi pilihan Tuhan membawa perubahan dan pemulihan di Yahukimo,” pungkasnya. (ade/tri)