Danrem 173/PVB Brigjen TNI Bahman ketika menyalami anggotanya pada acara penutupan penataran jurnalistik, Jumat (27/9) kemarin. (FOTO : Fiktor/Cepos)

BIAK-Komando Distrik Militer (Kodim) yang ada di wilayah Korem 173/PVB bakal dimekarkan. Ada empat Kodim baru akan dibentuk di wilayah Korem yang berstatus Tipe A itu. Adapun empat lokasi yang akan dijadikan pusat komando keempat Kodim tersebut masing-masing Kabupaten Deyai, Kabupaten Paniai, Kabupaten Puncak, dan Kabupaten Intan Jaya.

  Sebelumnya di Wilayah Korem 173/PVB hanya terdapat empat Kodim dan satu batalyon. Adapun ke empat Kodim yang sebelumnya sudah ada itu masing-masing;  Kodim 1708/BN, Kodim 1709/Yawa,  Kodim 1714/Puncak Jaya dan Kodim 1705/Nabire, sementara batalyon adalah Batalyon 753/AVT.

  Komandan Korem 173/PVB Brigjen TNI Bahman ketika dikonfirmasi Cenderawasih Pos membenarkan persiapan pembentukan Kodim tersebut. Bahkan dari keempat Kodim tersebut ada yang sementara dipersiapkan pembangunan markas komandonya dan diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama sudah bisa difungsikan.

  “Memang benar, ada penambahan Kodim di Wilayah Korem 173/PVB.  Keempat Kodim baru akan dibentuk dan semuanya ada di wilayah Pengunungan Tengah, memang masalah jangkauan yang sulit ketika hanya dua Kodim di sana,” katanya.

  Dijelaskan, pembentukan Kodim baru di beberapa wilayah di Korem 173/PVB sangat penting dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya, keberadaan Kodim 1714/PJ dan Kodim 1705/BN dari sisi jangkauan untuk mengkaver sejumlah kabupaten yang baru dinilai mengalami banyak kendala, khususnya lagi dari sisi jangkauan.

  “Pemekaran Kodim ini tentunya sejalan dengan upaya optimalisasi pelayanan kepada masyarakat, khususnya lagi di bidang teritorial. Dulu kan kabupaten masih terbatas, namun setelah bertambahnya banyak kabupaten pemekaran Kodim belum dilakukan, makanya ada empat Kodim baru akan ditambah,” tandas Danrem dengan pangkat bintang satu ini.(itb/tri)