Suasana pelatihan dasar Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) pada Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua tahun 2021, di Jayapura, Selasa (24/3) kemarin. (FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Guna membantu dan menolong masyarakat dalam hal memberikan ketertiban dan keamanan dalam situasi pandemi Covid-19, Satpol PP dan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua menggelar pelatihan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

 Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Bencana Daerah sekaligus Ketua Harian Satgas Covid -19 Provinsi Papua, William R Manderi menjelaskan, dengan melakukan pelatihan dasar Satlinmas, merupakan upaya pihaknya membantu pemerintah dan masyarakat.

 Pelatihan Satlinmas merupakan kegiatan lanjutan dari tahun 2020 lalu. Nantinya setiap anggota Satpol PP yang mengikuti pelatihan diharapkan dapat mengimplementasikan setiap materi yang didapat ke masyarakat. 

“Khususnya di tengah Pandemi Covid-19, perlindungan kepada masyarakat harus tetap dilakukan, bahkan untuk mewujudkan upaya pemerintah dalam hal pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Rabu (24/3) kemarin.

Diakuinya dalam pelaksanaan PPKM Mikro diharapkan semua pihak bisa bersinergi, baik tingkat provinsi, kabupaten, kota dan juga tingkat kelurahan dan kampung.

 Lanjutnya, fungsi Satlinmas nantinya bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat yang ada, untuk memberikan pola-pola perlindungan kepada masyarakat, memberi informasi dan sosialiasi kepada masyarakat, khususnya pada kondisi Covid-19.

 “Bahkan kami juga menyiapkan mereka membantu pemerintah dalam hal mensosialisasi kepada warga untuk melakukan vaksinasi seperti yang diharapkan oleh Pemerintah Provinsi Papua,” tambahnya. (ana/ary)