RAKAPITULASI: Ketua KPU Pegunungan Bintang, Lao Mohi ketika membacakan hasil  rekapitulasi perolehan suara di Pegunungan Bintang pada Rapat Pleno Di Grand ABE Hotel, Rabu (2/5) kemarin. ( FOTO : Gamel/Cepos )

JAYAPURA-Proses rekapitulasi atau penghitungan suara yang dilakukan di Grand ABE Hotel, Kamis (2/5) kemarin akhirnya dilakukan KPU Provinsi Papua. Meski baru dimulai pukul 11.30 WIT dan diskorsing pukul 12.30 WIT, agenda perdana ini dilakukan dengan lancar. Hanya untuk jadwal hari pertama ini baru Kabupaten Pegunungan Bintang yang dibacakan, sementara untuk kabupaten lain menunggu esok hari. 

 Penghitungan pertama dimulai dari suara Pilpres dimana Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo – Ma’ruf Amin menang telak dengan perolehan suara hampir mencapai 100 persen. 

Dibacakan oleh Ketua KPU Pegunungan Bintang, Titus Lao Mohi pasangan nomor urut 01 mendapat  jumlah 101.489 suara sedangkan pasangan nomor urut 02 mendapat 1.877 suara dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 103.388 jiwa dan total pengguna hak suara 103.383 orang.

Dari jumlah ini dikatakan suara tidak sah sebanyak 17 suara dan 5 orang tak menggunakan hak suara dan surat suara yang dikembalikan pemilih karena rusak atau salah coblos sebanyak 22 surat suara. “Total surat suara yang kami terima sebanyak 105.451 surat suara untuk 34 distrik dengan 474 TPS,” jelas Titus. 

Kabupaten Pegunungan Bintang menjadi kabupaten pertama yang menyelesaikan pleno namun sempat molor karena saksi di tingkat provinsi belum menerima hasil berita acara di tingkat kabupaten. 

 Ketua KPU Papua, Theodorus Kossy menyampaikan bahwa hasil yang dibacakan oleh KPU Kabupaten Pegunungan Bintang fix sesuai dengan data yang diterima. “Sudah pas dan memang mereka yang pertama selesai. Saya memang meminta dengan segera, jangan terlalu lama tertahan di daerah,” bebernya. 

Untuk hari kedua, Jumat (3/5) hari ini dijadwalkan Kabupaten Nduga dan Dogiyai yang akan melakukan pleno. “Kami berharap lebih cepat karena memang waktu juga mepet,” imbuhnya. 

Pantauan Cenderawasih Pos dalam pembacaan hasil rekapitulasi suara ini Ketua KPU Pegunungan Bintang, Lao Mohi juga terlihat kelelahan. Ia membaca satu persatu hasil perolehan bahkan harus dua kali meminjam kacamata karena tulisan hampir tak bisa terbaca. “Maaf ini tulisan agak kecil soalnya,” imbuhnya sambil meneruskan membacakan hasil. (ade/nat)