Asisten I Sekda  Kabupaten Merauke Drs Agustinus Joko Guritno, M.Si saat menyerahkan materi soal USBN   secara simbolis kepada   perwakilan sekolah  pada  pembukaan USBN dan UNBK  tingkat SD, SMP, SMA-SMK dan Paket di Aula SMAN I Merauke,  Senin (25/3)  Sulo/Cenderawasih Pos 

Di Biak, 637 siswa Ikuti UNBK dan UNBKP

Sedikitnya 13.189   pelajar termasuk paket d Merauke mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK termasuk paket A, B dan  C akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer  (UNBK).

  Ketua  Panitia  USBN dan USBK Kabupaten Merauke  Baharuddin Lahati, S.Pd, M.Pd, mengungkapkan,  dari jumlah ini terdiri dari SD/MI dengan 207 sekolah jumlah 4.707 siswa,  SMP/M.TS 59 sekolah dengan jumlah 3.870 siswa. Selanjutnya, SMK 15 sekolah dengan 989 siswa dan SMA/MA/SMTK dan SMAK 28 sekolah dengan 2.229 siswa. Sedangkan   untuk paket A sebanyak 325 siswa, paket B sebanyak  380 siswa dan paket C sebanyak 689 siswa.  

   Kepala Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Merauke Thiasoni Betaubun, S.Sos, MM, M.Pd , mengharapkan,    lulusan  tahun ini tidak hanya mengejar  tingat kelulusan namun yang paling penting adalah mutu dari setiap lulusan tersebut.  ‘’Terutama  untuk  SMK diharapkan    mutu terus ditingkatkan   agar mampu terserap di dunia kerja. Berarti keterampilannya  harus terus ditingkatkan,’’ jelasnya.   

    Sementara itu, dari Kabupaten Biak Numfor dilaporkan jumlah siswa yang mengikuti UNBK dan UNBKP sebanyak 637 siswa dari 7 SMK. Adapun sekolah-sekolah yang telah menerapkan UNBK itu antara lain SMK  YPK 1 Biak, SMK  YPK 2 Biak, SMK Yapis Biak dan SMK Negeri 1 Bosnik. Sementara sekolah yang masih menerapkan UNBKP adalah SMK Kesehatan Biak, SMK Kelautan Biak Barat dan SMK Numfor.

  Pembukaan pelaksanaan ujian nasional tingkat SMK itu dilakukan langsung oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd di SMK 1 YPK Biak. “Secara keseluruhan pelaksanaan ujian nasional di Kabupaten Biak Numfor ditingkat SMK pada dasarnya berlangsung sesuai jadwal, tentunya diharapkan kedepan semua sekolah sudah berbasis komputer. Untuk itu, sekolah-sekolah yang belum menggunakan sistem UNBK ini melakukan persiapan dari sekarang,” ujar Bupati Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd setelah membuka UNBK di SMK YPK 1 Biak.(ulo/itb/tri)