General Manager PT.PLN Persero ULWP2B Abdul Farid bersama Sekda Jayawijaya Tinggal Wusono saat memasangkan token listrik dirumah warga yang telah tersambung listrik. ( FOTO: Denny/ Cepos)

WAMENA-PT.PLN Persero Wilayah Papua dan Papua Barat meluncurkan listrik gratis atau token gratis untuk 500 kepala keluarga di Kabupaten Jayawijaya. Hal ini dilakukan dalam peringatan hari listrik ke 75 bulan lalu, dan juga menjawab kebutuhan masyarakat khususnya untuk kelistrikan di wilayah Jayawijaya .

   General Manager PT.PLN Persero ULWP2B Abdul Farid,  mengatakan peluncuran ini bagian dari program nasional dalam rangka peringatan Hari Listrik Nasional ke-75.  Jayawijaya menjadi salah satu wilayah yang menjadi mendapat program ini.

   “Pemberian bantuan listrik gratis ini untuk masyarakat seluruh kabupaten di Papua dan Papua Barat. 500 kepala keluarga yang mendapat listrik gratis ini di Jayawijaya,” ungkapnya saat peluncuran listrik gratis di Distrik Pyramid, Kamis (26/11).

   Ia mengharapkan program pembagian listrik gratis itu masih terus ada di tahun-tahun mendatang, sebab ada sejumlah desa yang belum terjangkau listrik. Oleh karena itu PLN dengan segala keterbatasan terus berusaha untuk menerangi wilayah Papua dan Papua barat. 

   “Kalau di Papua dan Papua Barat memang tantangannya cukup berat, masalah geografis, infrastruktur jalan, jadi masih ada 427 desa di Papua dan Papua Barat yang belum berlistrik,” jelasnya

   Di tempat yang sama Sekda Jayawijaya Tinggal Wusono mengharapkan masyarakat membuka diri terhadap pihak PLN, karena layanan listrik sangat penting untuk mendukung aktivitas warga. pemerintah akan terus bekerjasama dengan PLN agar semua masyarakat menikmati listrik.

   “Namun demikian, tidak semudah apa yang diharapkan. Semuanya itu melalui tahapan, sehingga yang belum, bisa bersabar. Sebab tentunya menjadi perencanaan baik oleh pemerintah maupun pihak PLN sendiri,” paparnya

   Sementara itu Kepala Kampung Algonik, Distrik Pyramid Daud Tabuni menyampaikan terimakasih kepada PLN karena menyediakan listrik bagi warganya dan sekarang listrik di kampung itu telah disambung dan warga sudah bisa menikmati penerangan.

   Pada kegiatan ini, Abdul Farid juga meluncurkan kegiatan bantuan sosial PT.PLN UP3 Wamena yaitu pembagian masker kepada masyarakat untuk pencegahan Covid-19 yang juga merambah sampai ke Jayawijaya. (jo/tri)