Ketua DPRD  Kabupaten  Merauke  Ir. Drs  Benjamin Latumahina

MERAUKE-Ketua DPRD  Kabupaten  Merauke  Ir. Drs  Benjamin Latumahina  mengaku  siap  untuk  memberikan  dukungan  untuk  penanganan  Copid-19  tersebut. “Kami siap   untuk memberikan dukungan  untuk   peganggaran,” kata Politisi Partai NasDem  ini ketika dihubungi  Cenderawasih Pos,    kemarin.   

   Meski demikian,    Benjamin Latumahina mengaku  belum mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan   untuk  penanganan  Copid-19 tersebut. “Nanti tim    gugus tugas yang sudah  dibentuk yang  diketuai Sekda  yang  didalamnya  ada kepala BPKAD, kepala    Bappeda.  Nanti mereka   berembuk   untuk melihat terutama   pagu  anggaran Dinas Kesehatan dan RSUD  Merauke,”  kata  Benjamin Latumahina.

   Selain  itu,  lanjut dia, adalah anggaran  yang disediakan  untuk penanggulangan  bencana yang  mana dari dana  yang disiapkan sekitar  Rp 4 miliar  dalam APBD   tersebut sebagian   sudah digunakan  untuk menangani   masyarakat  Distrik  Waan yang  mengalami   banjir rob  beberapa waktu lalu.  

    Menurut   Benjamin  Latumahina  bahwa sudah ada Peraturan   Mendagri Nomor 20 tahun 2020 tentang pergeseran perubahan APBD  ditambah  peraturan Menteri  Keuangan Nomor 6 tahun 2020  tentang pedoman pergeseran atau perubahan APBD khusus  menangani  virus Corona.   Benjamin Latumahina  menjelaskan bahwa jika  dana  yang disiapkan   dalam  penanganan penanggulangan bencana  tersebut tidak mencukupi termasuk  pergeseran   anggaran    yang ada di  Dinas kesehatan dan   RSUD Merauke  maka  bisa  dilakukan  pergesaran   anggaran di   SKPD  lainnya.  

 “Mungkin yang  bisa  dilakukan pergeseran  diantaranya  berkaitan dengan  belanja barang yang tidak begitu penting,” jelasnya.    Benjamin Latumahina  menambahkan bahwa hal  yang sangat mendesak  harus dibenahi dalam menangani   Corona  tersebut  adalah   ketersediaan ruang isolasi   dan segala kebutuhan   pendukung, lalu  masker   dan sebagainya.   (ulo/tri)