DUEL: Pemain Persipura Jayapura, Oh In-Kyun saat berduel dengan pemain PSM Makassar Asnawi Mangkualam Bahar pada putaran pertama Shopee Liga 1 yang berlangsung di Stadion Delta Sidoarjo, Jumat (27/9). ( FOTO : Angger Bondan/Jawa Pos)

JAYAPURA-Untuk ketiga kalinya, laga Persipura Jayapura vs PSM Makassar di kompetisi Shopee Liga 1 2019 kembali ditunda.

Penundaan pertama akibat jadwal Piala AFC PSM Makassar berbenturan dengan jadwal Liga 1 kontra Persipura. Kemudian jadwal Persipura vs PSM kembali ditunda karena berdekatan dengan jadwal Final Piala Indonesia 2019 yang mempertemukan PSM Makassar dengan Persija Jakarta.

Kali ini, penundaan jadwal bukan lantaran adanya jadwal kompetisi yang akan dilakoni oleh PSM Makassar atau Persipura Jayapura,  melainkan pihak keamanan setempat (Kota Makassar) tidak memberikan izin dengan melihat kondisi keamanan di Kota Makassar saat ini.

Awalnya, pertandingan derby Indonesia Timur jilid 2 itu akan digelar di Stadion Andi Mattalatta Matoanging, Makassar, 6 Oktober 2019. Namun akan dijadwal ulang hingga 16 November 2019 mendatang.

Penundaan pertandingan kali ini merupakan penundaan yang kelima bagi Persipura di musim ini. Persipura juga memiliki laga tunda dengan Persija Jakarta, dan laga tunda kontra Bali United.

Melalui surat PT LIB yang diterima oleh Cenderawasih Pos, Kamis (3/10) kemarin disebutkan bahwa penundaan tersebut menindaklanjuti surat klub PSM Makassar nomor:133/PSM-ADM/X/2019 perihal Penyampaian tertanggal 2 Oktober 2019 serta memperhatikan surat Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (KAPOLDA Sulawesi Selatan).

“Bersama ini PT. Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan penundaan pertandingan Shopee Liga 1 2019 antara PSM Makassar vs Persipura Jayapura yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2019 di Stadion Andi Matalatta Matoanging, Makassar. LIB menyampaikan penjadwalan ulang pada tanggal 16 November 2019,” ungkap Direktur PT. Liga Indonesia Baru, Dirk Soplanit dalam suratnya.

“Adapun kepada klub PSM Makassar diminta untuk melakukan koordinasi kepada pihak terkait agar pertandingan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” sambungnya.

Sementara itu,  Asisten Manajer Persipura Jayapura,  Ridwan Bento Madubun mengaku telah mendapatkan informasi dari PT LIB mengenai penundaan jadwal ulang pertandingan PSM kontra Persipura. 

“Tadi malam (Kamis,red) kami menerima informasi dari LIB bahwa PSM bersurat pada LIB yang menjelaskan PSM tidak dapat izin keamanan untuk pertandingan tanggal 6 Oktober 2019. Dan dijelaskan juga bahwa  pertandingan tersebut ditunda hingga tanggal 16 November 2019,” ucapnya. 

Bento sapaan akrabnya mengatakan, dengan penundaan tersebut, akhirnya tim Persipura diliburkan dan kembali menjalani latihan di Kota Jayapura jelang pertandingan kontra Arema FC, 20 Oktober mendatang. 

“Berdasarkan itu, manajemen dan tim pelatih memutuskan untuk seluruh tim kembali ke Jayapura. Tim akan kembali jalani latihan pada hari Senin di Jayapura. Pertandingan terdekat yang akan kita jalani adalah tanggal 20 Oktober 2019 menjamu Arema FC,” tandanya. (eri/nat)