PLH Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Ricky Ham Pagawak, SH,MSi memberikan sambutan sebelum penyerahan masker gratis di RSUD Lukas Enembe, Senin (18/5) kemarin. (FOTO: DPD Partai Demokrat Papua for Cepos)

Termasuk Masker Gratis dan APD Bagi RSUD Lukas Enembe

JAYAPURA-Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Papua ikut terpanggil melaksanakan kegiatan kemanusian di tengah pandemi covid-19 (virus corona) yang melanda Provinsi Papua dengan memberikan bantuan bahan makanan (bama) bagi asrama-asrama mahasiswa.

Bantuan bahan makanan berupa beras, mie instan, minyak goreng dan air mineral kepada 17 asrama mahasiswa yang di Kota Jayapura. Bantuan diantar langsung ke masing-masing asrama oleh pengurus Demokrat Papua, Sabtu (16/5) lalu.

Ketujuhbelas asrama tersebut yaitu Asrama Mahasiswa Yalimo, Puncak, Mamberamo Raya, Jayawijaya, Mimika, Yahukimo, Lani Jaya, Waropen, Biak, Yapen,  Merauke, Nduga, Puncak Jaya, Nabire, Tolikara, Pegunungan Bintang, dan Paniai.

Selain menyalurkan bahan makanan ke asrama-asrama mahasiswa, DPD Partai Demokrat Papua melalui DPC Demokrat Kabupaten Mamberamo Tengah juga memberikan bantuan 1.500 masker dan alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lukas Enembe, Kobakma, Senin (18/5) kemarin.

Bantuan masker itu, diserahkan Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Mamberamo Tengah Hengky Dani Yikwa,SE yang disaksikan PLH Ketua DPD Demokrat Provinsi Papua Ricky Ham Pagawak, SH., M.Si dan pengurus maupun kader partai berlambang bintang mercy itu. 

Bantuan masker dan APD tersebut diterima Direktur RSUD Lukas Enembe dr. Semuel Tandisalla dan Kepala Dinas Kesehatan DR. Marthen Sagrim, M.Kes.

PLH Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Ricky Ham Pagawak mengatakan, apa yang dilakukan ini merupakan amanat Ketua Umum Partai Demokrat yang meminta pengurus Partai Demokrat di daerah untuk mendukung penuh pelaksanaan pencegahan Covid-19 di seluruh tanah air.

“Atas dasar amanat itu, DPD Partai Demokrat Provinsi Papua telah memerintahkan seluruh DPC dan PAC mendukung pelayanan yang sudah dilakukan pemerintah daerah. Di Kabupaten Mamberamo Tengah misalnya, dilakukan rapid test 2 minggu di seluruh distrik. Untuk itu, Partai Demoktrat melihat itu dengan membantu tim medis yang masuk dalam Tim Covid-19 berupa 1.500 masker dan 80 alat perlindungan diri,” jelasnya dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Senin (18/5). 

Menurutnya, bantuan masker dan APD ini bisa bermanfaat untuk mendukung rapid test yang akan dilakukan tim medis di dua Distrik tersisa yakni Kelila dan Eragayam.

“Kami merasa ini penting demi menyelamatkan nyawa manusia, maka kami pertama memberikan bantuan masker gratis kepada masyarakat di Kota Jayapura, wilayah Lapago di Wamena dan Meepago di Nabire” ucapnya.

Ricky Ham Pagawak yang juga Bupati Mamberamo Tengah ini menegaskan, Partai Demokrat mendukung penuh tenaga medis yang telah bekerja keras bersama dinas kesehatan dalam menangani penyebaran virus Corona.

“Dukungan moril kami sudah jelas memberikan semangat kepada tenaga medis sebagai barisan terdepan dalam menghadapi virus corona bahwa kami tetap ada bersama mereka,” katanya.

Dia menuturkan, untuk bantuan bahan makanan ke asrama-asrama dilakukan karena Partai Demokrat merasa peduli dengan kondisi mahasiswa di asrama di tengah masa pandemi Corona.

“Kami Partai Demokrat merasa peduli kepada mereka (mahasiswa-red) karena nyawa manusia lebih penting dari yang lain, sehingga mereka perlu juga mendapatkan bantuan bahan makanan,” imbuhnya.  

Menurutnya, mahasiswa sama juga dengan masyarakat biasa, yang juga membutuhkan bantuan bahan makanan selama masa berlangsungnya Covid-19 ini.

Direktur RSUD Lukas Enembe, dr. Semuel Tandisalla menyampaikan apresiasi kepada DPD Partai Demokrat Provinsi Papua dan DPC Demokrat Mamberamo Tengah yang peduli untuk ikut memberikan bantuan baik masker maupun APD kepada RSUD Lukas Enembe.

Menurutnya, bantuan ini tentu untuk mendukung tim medis yang tergabung dalam Tim Covid 19 Mamberamo Tengah dalam melakukan Rapid Test di seluruh distrik.

“Kami menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada pimpinan dan pengurus partai Demokrat di provinsi maupun kabupaten atas bantuannya,Tuhan berkati,” ujarnya.(nat)