NPC Papua

JAYAPURA – Ketua NPC Papua, Jaya Kusuma menegaskan, bahwa NPC Papua benar-benar serius dalam menyiapkan atlet potensial saat pelaksanaan Peparnas XVI Papua 2021 bulan November mendatang.

Kusuma menuturkan, bahwa NPC Papua akan menurunkan sekitar 250 atlet dari 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Bahkan untuk memastikan atlet yang mereka siapkan sesuai klasifikasi, NPC Papua akan mendatangkan dokter khusus klasifikasi atlet NPC.

“Papua akan mendahului mengadakan klasifikasi, langsung dari dokter klasifikasi yang akan kita undang ke sini (Papua) untuk mengklasifikasi semua atlet kita, khusus Papua,” ungkap Jaya Kusuma kepada Cenderawasih Pos, Senin (18/1).

Kata Jaya Kusuma, di tahun 2021, NPC Papua akan memantapkan persiapan menuju prestasi target 3 besar. Sehingga NPC Papua mau mengecek setiap atletnya sebelum mentas pada event olahraga nasional empat tahun itu.

“Hasil klasifikasi dari pusat itu akan kita jadikan rekomendasi, bahwa ini layak dan ini tidak layak. Dan kita berharap semoga semua atlet yang kita sediakan ini lolos untuk bertanding, tentunya dengan hasil klasifikasi dari NPC pusat,” ujar Jaya Kusuma.

Pria yang juga menjabat sebagai Kadistrik Jayapura Selatan itu membeberkan, bahwa Peparnas XVI Papua tidak akan memakai batas usia.

“Kita tidak ada batas umur karena untuk mencari atlet disabilitas itu susah, tidak segampang dengan atlet yang normal. Nanti pembatansanya bagi atlet yang sudah berkiprah di internasional di luar negeri, dia hanya turun di satu nomor saja,” pungkasnya. (eri/gin).