Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM., saat bersama Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM., dalam memimpin rapat beberapa waktu lalu. ( FOTO :Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM., menegaskan, semua penduduk di Kota Jayapura harus bisa terdata dengan baik, valid, dan akurat. Karena jika data valid dan akurat tentu Pemkot Jayapura akan memiliki data base yang baik.

 Sehingga, jika data tersebut dibutuhkan sewaktu-waktu tidaklah sulit, termasuk akan lebih tepat sasaran dalam memberikan bantuan, menyampaikan program dan melakukan hal lainnya dalam mengambil kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah.

   “Jangan kita selalu percaya disuguhkan dengan data-data yang lama, tapi kita harus selalu update dalam memiliki data base, karena ini sangat penting. Pemkot dalam membuat program kepada masyarakat, jika didukung data yang akurat akan lebih baik dan efektif, efisien, tepat sasaran,’’Ungkapnya, Rabu (27/3) kemarin.

  Rustan Saru, menjelaskan sejatinya dalam membuat data base ini sangat mudah yang penting dari tingkat kelurahan dan RT/RW  bisa melakukan koordinasi, komunikasi dan komitmen bersama.

“Tinggal setiap kepala kelurahan mengumpulkan Ketua RT/RW setempat, lalu Ketua RT/RW setempat diminta turun ke lapangan mengecek warganya satu-satu, apakah punya KK, E-KTP, akte lahir dan lainnya, jika ada ini dijadikan data base, kemudian jika tidak ada diminta untuk bikin, lalu data ini diserahkan ke lurah-lurah setempat untuk dijadikan data base,”tambahnya.

Selain itu dirinya juga meminta setiap pegawai  Pemerintah Kota Jayapura harus meningkatkan kedisiplinan dalam memberikan pelayanan, membuat data dan lainnya, termasuk memberikan sosialisasi kepada warga agar menjaga kebersihan lingkungan, menanam pohon, menyediakan bak sampah dan merawat pekarangan rumah.(dil/gin)