Klemens Hamo saat meninjau jembatan yang rusak di Distrik Kemtuk Gresi, Sabtu (6/6). ( FOTO: Robert Cepos)

SENTANI- Ketua DPRD Jayapura, Klemens Hamo meminta sejumlah kampung yang ada di Distrik Kemtuk Gresi untuk membiayai perbaikan salah satu jembatan di wilayah itu.

“Saya sudah tinjau dan sudah arahkan kepala kampung dan distrik supaya bisa menggunakan dana desa untuk memperbaiki jembatan tersebut,” ungkap Klemens Hamo saat dihubungi, Minggu (7/6).

Lanjut dia, keberadaan jembatan itu sangat penting bagi masyarakat setempat karena menjadi jalan ekonomi yang menghubungkan beberapa kampung ke pusat pemerintah distrik.

“Sebenarnya itu jalan ekonomi dan jembatan itu sangat penting karena menjadi akses utama dari beberapa kampung untuk menuju ke distrik,” tandasnya.

Sehubungan dengan itu, kata dia, pihaknya akan membantu untuk berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung untuk bisa menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) atau dana kampung untuk memperbaiki jembatan yang rusak itu. Kata dia, apabila  itu tidak segera diperbaiki, justru akan mengorbankan masyarakat yang yang mengandalkan jembatan tersebut sebagai salah satu jalur lalu lintas utama untuk beraktivitas.

“Itu jalur utama yang sering digunakan oleh masyarakat dari beberapa kampung di distrik itu sehingga memang keberadaannya sangat penting,” tandasnya.

Dia menambahkan, saat ini jembatan itu masih terbuat dari bahan kayu dan itu sudah pernah ambruk  beberapa waktu lalu. Setelah terjadi kerusakan,  masyarakat kampung sulit untuk menggunakannya lagi padahal jembatan itu sangat dibutuhkan. (roy/tho)