Tim Gugus Covid -19 Jayawijaya saat melakukan penjemputan terhadap 3 orang pasien yang terpapar covid -19 di Jalan Hom -hom Distrik Hubikiak, Senin (2/11). ( FOTO: Denny/ Cepos)

WAMENA-Tim Gugus Covid-19 Jayawijaya dalam sehari menemukan 12 pasien baru yang terpapar Covid-19 di satu tempat pada wilayah Hom-hom Distrik Hubikiak. Dimana 12 pasien ini tersebar di bengkel mobil, motor dan sebuah warung makan yang langsung ditutup sementara dengan police line,  ironisnya dalam penjemputan pasien tersebut menjadi tontonan warga sekitar tanpa menggunakan masker.

  Ketua Tim Gugus Covid -19 Jayawijaya Jhon Richard Banua mengaku timnya kembali melakukan penjemputan 3 orang di satu wilayah, setelah 9 orang dinyatakan positif lebih dulu. “Jadi ada 12 pasien yang ditemukan terpapar covid -19 dalam satu tempat, sehingga tempat usaha tersebut ditutup sementara waktu.”ungkapnya Senin (2/11) kemarin.

  Menurutnya, ia sendiri minta ke Kapolres untuk melihat kasus baru,  dimana dalam satu tempat itu sudah ada 12 orang yang terpapar Covid -19 ini melalui hasil pemeriksaan dari Rapid tes dan swab test  kemarin malam.  9 orang  sudah dijemput, dan kini 3 orang lagi dijemput sekaligus steril lokasinya dan mendata karyawan yang ada di tempat ini supaya ditindak lanjuti pemeriksaan berikut.

  “Kebetulan karyawan dari bengkel dan warung makan ini tak tinggal jauh dari tempatnya, mereka hanya tinggal di belakang tempat usaha tersebut. Oleh karena itu, tempat usahanya kita tutup sementara dan mereka yang tinggal di belakang diminta untuk karantina mandiri 14 hari barulah dilakukan pemeriksaan lagi,” jelas Jhon Banua

  Untuk kronologis perjalanan mereka , kata Bupati Jayawijaya, pihaknya akan minta tim untuk terus menulusuri dan mencari bahwa ini benar-benar dapat dari mana karena ini bengkel dan siapa saja bisa datang kesana. 

  “Siapa tahu orang lebih banyak akses darat jadi mungkin kita harus melihat kembali untuk hasil stersing dari tim medis yang akan mencari data kasus ini asal usul mereka dari mana.” katanya. 

   Ia menambahkan untuk situasi yang ada saat ini jumlah  pasien covid -19 yang dirawat mencapai 32 orang , namun sementara pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut lagi sehingga belum dipastikan ada penambahan lagi atau tidak. 

“kita sekarang berada diposisi 39 pasien yang dirawat, namun kita masih tunggku hasil pemeriksaan lanjutan lagi sehingga masih berpeluang untuk bertambah”tutup Jhon Banua.

   Sementara itu dari pantauan Cenderawasih Pos di lapangan penjemputan 3 dari 12  pasien yang terpapar Covid -19 ini menjadi bahan tontonan warga sekitar yang tak mempedulikan protokol kesehatan atau tidak menggunakan masker. Bahkan ada warga yang membawa kendaraannya di bengkel tersebut tanpa menggunakan masker, meski melihat ada petugas kesehatan dengan berpakaian APD lengkap.(jo/tri)