*Polda Papua Gelar Rapid Test Drive Thru

JAYAPURA-Dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74,  Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua akan mengadakan Rapid Test Drive Thru atau yang dikenal dengan layanan pemeriksaan Rapid Tes Antibodi,  dapat dilakukan di mobil kepada masyarakat yang khawatir untuk memeriksakan diri ke Rumah Sakit  karena resiko terpapar Covid-19 yang tinggi.

Rapid Test yang akan diselenggarakan di Terminal PTC Entrop secara gratis pada 24 Juni mendatang, dengan persyaratan masyarakat membawa KTP.

Kabiddokes Polda Papua Kombes Pol  drg. Agustinus Mulyanto Hardi  menyampaikan,  sebanyak 480 rapid test yang ditargetkan sesuai dengan bantuan yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua kepada Rumah Sakit Bhayangkara.

“Tujuan kami untuk melakukan screening terhadap masyarakat terkait dengan kasus Covid-19 melalui kegiatan bakti kesehatan Hari Bhayangkara yang jatuh pada tanggal 1 Juli mendatang,” ucap drg. Agustinus kepada Cenderawasih Pos, Minggu (21/6).

Dikatakan, rapid test dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda di Indonesia dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74.

Hasil rapid test menurut drg. Agustinus, sudah bisa diketahui dalam 165 menit. Hasilnya akan disampaikan kepada warga yang mengaikuti rapid test setelah dilakukan rekap.

“Nanti hasilnya akan kami sampaikan melalui WA ke masing-masing terkait  reaktif  atau non reaktif. Bagi yang reaktif, kita sarankan ke Lapkesda untuk dilakukan swab selanjutnya,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini, pihaknya akan melibatkan sebanyak 30 hingga 40 tenaga medis. Tidak hanya dari Rumah Sakit Bhayangkara, melainkan juga dari kesehatan TNI, Dinkes Kota Jayapura dan Dinkes Provinsi Papua.

“Kami bersinergi dalam pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Papua khususnya yang ada di Kota Jayapura,” pungkasnya. (fia/nat)