Dandim 1702/ Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang bersama Kapolres Jayawijaya AKBP, Dominggus Rumaropen S.Sos, MM turun langsung dalam membagikan masker kepada warga pengguna jalan protokol di Wamena Senin (8/2). ( foto: Denny/ Cepos)

WAMENA- Semakin naiknya angka penyebaran Covid -19 di Jayawijaya membuat jajaran TNI/ Polri kembali harus gencar mengingatkan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat di Jayawijaya yang kian mulai hilang secara perlahan seperti penggunaan masker, mencuci tangan dan jaga jarak serta tidak berkumpul satu sama lain.

   Kapolres Jayawijaya AKBP. Dominggus Rumaropen, S.Sos, MM mengakui jika personil gabungan TNI/ Polri dan Satpol PP  di Kabupaten Jayawijaya mencoba mengingatkan warga kembali untuk melakukan protokol kesehatan sekaligus pembagian masker seiring peningkatan angka Covid-19 di Wamena yang mencapai 107 kemarin dan kini sudah ada penurunan menjadi 91 orang yang masih dirawat.

   “Sosialisasi penerapan protokol kesehatan ini gencar dilakukan gabungan tim gugus melalui TNI/Polri dan Satpol PP yang dipimpin langsung Dandim dan Kapolres mengingatkan warga kembali jika angka covid 19 di Jayawijaya mengalami peningkatan yang tadinya puluhan kini seudah mencapai 107,” ungkapnya, Senin (8/2) kemarin

   Kata Kapolres, pihaknya terus mencoba untuk mengimbau kepada masyarakat untuk wajib menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan juga jaga jarak.  “Selain membagikan masker, kami juga memberikan imbauan dengan harapan menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam melaksanakan aktifitas sehari -hari untuk menjaga diri sendiri, Keluarga dan warga yang lain disekitarnya,”kata Rumaropen.

   Ia juga memastikan Sosialisasi tentang protokol kesehatan ini akan kembali terus berjalan seperti tahun lalu mengingat angka penularan Covid -19 ini sudah bukan dari luar saja tetapi penularan dari dalam juga kian banyak sehingga perlu masyarakat diimbau terus agar tetap memetuhi protokol kesehatan.

   “Kita lebih mengutamakan memberikan sosialisasi penerapan protokol kesehatan ditempat umum seperti bandara Wamena, pasar dan pusat keramaian dan jalan protokol yang sering dilalui oleh kendaraan,”bebernya.

  Di tempat yang sama Dandim 1702/ Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang  mengatakan bahwa setelah mendapatkan penjelasan dari pihak RSUD Wamena bahwa pasien covid-19 di Jayawijaya yang diisolasi sudah over kapasitas, sehingga perlu untuk menggalakkan lagi atau   mengingatkan lagi protokol kesehatan kepada masyarakat.

   “Meski ari 107 pasien  sudah  ada  penurunan 91 laporan terakhir, namun bersama Kapolres dan jajaran kami kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi Covid -19 belum berakhir dan sampai sekarang menyerang kita dan siapa saja, sehingga kembali membagi kurang lebih 3000 masker,” jelasnya. (jo/tri)