75 Warga Kimaam Diswab Antigen, Ditemukan Dua Positif  Covid 

MERAUKE-Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Merauke, tidak hanya di ibukota kabupaten saja, tapi sudah mulai merambah ke distrik lain. Dimana di Distrik Kimaam, dari 75 warga yang dilakukan  pemeriksaan swab antigen, Rabu (21/7), ternyata dua diantaranya ditemukan positif Covid-19.   

   “Dari 75 orang yang jalani swab antigen itu, 2 positif positif Covid-19,”’ kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr. Nevile R. Muskita ketika dihubungi media ini,  kemarin. 

  Nevile menjelaskan bahwa pemeriksaan swab antigen yang dilakukan ini terkait dengan adanya warga Kimaam yang meninggal yang diduga karena Covid, sehingga dirinya meminta  petugas Puskesmas Kimaam untuk melakukan swab antingen kepada warga yang sudah  melakukan kontak langsung dengan jenazah  maupun keluarga dari yang meninggal tersebut. 

  “Didapatkan 2 orang yang positif itu. Tapi untuk lebih memastikan,  masih perlu dilakukan pemeriksaan PCR lebih lanjut,’’  tandasnya. 

   Sementara itu, swab antigen yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Kimaam  mendapat pendampingan dari Polsek Kimaam. Kepala Kepolisian Resor Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M. Hum melalui Kapolsek Kimaam Iptu Bambang Irianto beserta Bhabinkamtibmasnya Brigpol Wahyu Tambing melaporkan bahwa sebanyak 75 warga mengikuti swab antingen tersebut. 

   “Kegiatan diawali dengan penyuluhan tentang protocol kesehatan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan swab antigen terhadap 75 warga di distrik Kimaam baik yang tinggal di pesisir Dermaga Luar Kimaam maupun yang tinggal di dalam Kota Distrik Kimaam,’’ katanya. 

   Dikatakan bahwa dari pemeriksaan itu, dua warga ditemukan positif. Kedua warga yang positif tersebut disarankan untuk isolasi mandiri di rumah masing-masing dan banyak mengkonsumsi vitamin, istirahat yang cukup, rilek atau tidak berpikir aneh-aneh dan jaga pola makan yang benar. 

    “Pihak kesehatan akan selalu mengecek dan mengontrol kedua warga yang melakukan isolasi mandiri dan akan tetap berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Merauke tentang penanganan Virus Corona 19 di Distrik Kimaam,” tambahnya. (ulo/tri)