MERAUKE – Distrik Ilywab, Kabupaten Merauke  yang selama  ini masuk dalam kategori zona hijau, akhirnya berubah menjadi  zona merah. Ini setelah  salah seorang warga Distrik Ilwayab  terkonfirmasi Covid-19  dari hasil test rapid antigen.  

   “Untuk Distrik Ilwayab, berdasarkan hasil pemeriksaan  rapid antigen ditemukan 1 orang terkonfirmasi positif Covid,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke  dr. Nevile R. Muskita, kemarin.

   Dengan begitu, dari 20 distrik yang ada di  Merauke, tinggal  6 distrik yang  masih masuk dalam kategori  hijau. Yakni Waan, Tabonji, Tubang, Ngguti dan Animha. Sementara Distrik Muting yang  beberapa minggu terakhir berada dalam zona merah,  kembali  masuk dalam zona hijau setelah seluruh pasien Covid yang ada di  Distrik Muting dinyatakan sembuh. 

   Sedangkan  Distrik Ulilin  yang sehari  sebelumnya,yakni pada 24 Agustus, sempat masuk dalam zona hijau kembali menjadi merah  pada 25 Agustus 2021 setelah 3 kasus Covid  berdasarkan hasil rapid antigen ditemukan di wilayah tersebut.

    Sementara  itu,  hingga Sabtu (28/8),  jumlah yang terkonfirmasi positif Covid secara kumulatif sebanyak 3.331 kasus. Dari jumlah ini, 222 orang diantaranya  meninggal dunia. Sedangkan  yang sembuh sebanyak 2.693 orang.  

  Dengan begitu, jumlah  yang masih menjalani  isolasi dan perawatan baik di RSUD Merauke,  isoter  (isolasi terpusat) maupun yang melakukan isoman (isolasi mandiri) sebanyak  416  orang. Jika dibandingkan  dengan beberapa hari sebelumnya, jumlah yang  menjalani perawatan dan isolasi  ini terus mengalami penurunan. Karena pada 14 Agustus 2021 lalu, jumlah yang  masih menjalani perawatan dan isolasi sebanyak 856 orang. (ulo/tri)