UPACARA: Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, S.Sos., S.IP., MM., saat bertindak sebagai Irup pada upacara peringatan HUT RI ke-74 di lapangan alun-alun Kota Baru Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Sabtu (17/8). ( FOTO : Humas Pemkab Puncak Jaya for Cepos)

Peringatan HUT RI ke-74 di Puncak Jaya Digelar di Mulia dan Ilu

MULIA-Upacara peringatan HUT Republik Indonesia (RI) ke-74 di Kabupaten Puncak Jaya juga berjalan aman dan lancar. 

Peringatan HUT RI ke-71 ini tidak hanya diperingati di Mulia ibukota Kabupaten Puncak Jaya, namun juga digelar di distrik-distrik seperti di Distrik Ilu.

Upacara HUT RI ke-74 yang mengangkat tema “SDM Unggul, Indonesia Maju” digelar di lapangan alun-alun Kota Baru Mulia dengan inspektur upacara  Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, S.Sos., S.IP., MM.

Sementara upacara HUT RI di Distrik Ilu, Wakil Bupati Deinas, Gelei, S.Sos., M.Si., bertindak sebagai inspektur upacara. 

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 ini, Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, S.Sos., S.IP., MM., mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Puncak Jaya bersyukur. Sebab meskipun berada di pedalaman yang serba terbatas, tetapi masih bisa merayakan hari paling bersejarah dalam suasana nyaman dan aman. 

Bupati Yuni Wonda menyebutkan, antusias masyarakat untuk mengikuti peringatan HUT RI ke-74 di Distrik Mulia, sangat tinggi. Namun karena keterbatasan transportasi, masyarakat dari distrik lain tidak bisa hadir mengikuti upacara yang digelar di Distrik Mulia.

Oleh sebab itu, dirinya menugaskan Wabup Deinas Gelei, Asisten II dan staf ahli untuk menghadiri HUT RI ke-74 di Distrik Ilu dan sekaligus menghadiri kegiatan gereja. 

Peringatan HUT RI ke-74 ini, merupakan tahun kedua dalam kepemimpinan Bupati Yuni Wonda dan Wakil Bupati Deinas Gelei.

Upacara yang digelar di Mulia, juga dihadiri Dandim 1714/PJ, Letkol Inf. Agus Sunaryo, Kapolres Puncak Jaya, AKBP. Ary Purwanto, Sekwan DPRD  Daud T. Wendamili dan anggota DPRD, Plt. Sekda Tumiran, S.Sos, M.AP, para kepala distrik, pejabat eselon II, III dan IV, ASN dan  honorer dari berbagai OPD dan instansi vertikal. Hadir pula paguyuban dan kerukunan keluarga, para kepala suku, kepala kampung, organisasi masyarakat dan siswa/i SD,SMP, SMA/SMK beserta seluruh masyarakat di Distrik Mulia.

Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya juga menggelar berbagai pertandingan yang melibatkan semua elemen masyarakat. Kegiatan ini untuk menumbuhkan semangat nasionalisme kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Bupati Yuni Wonda mengaku sangat mendukung kegiatan lomba yang diadakan. Sebab kegiatan ini tersebut bisa jadi ajang persiapan mengikuti PON 2020 dan untuk menyiapkan bibit-bibit atlet sebanyak banyaknya.

Dalam prosesi resepsi kenegaraan dilakukan  juga pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Ursula Waminop Wonda, S.Kep.,M.Kes didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Manikem Tumiran, S.Sos.,M.KP.

Tepat pukul 15.00 dilaksaksanakan  upacara penurunan bendera Merah Putih. Dalam upacara ini bertindak sebagai inspektur upacara Dandim 1714/PJ, Letkol Inf. Agus Sunaryo. 

Usai upacara penurunan bendera, Bupati Puncak Jaya Yuni Wondaenyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada siswa/siswi SMP dan dilanjutkan pembagian hadiah perlombaan yang telah diadakan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. (Humas/nat)