Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si didampingi Kadis kesehatan Alsen Genongga dan Direktur RSUD Karubaga dokter Delwien Ester Jacop saat kunjungan ke RSUD Karubaga di Igari Selasa (10/3) pekan kemarin. ( FOTO: Diskominfo for Cepos)

KARUBAGA-Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si meminta pihak manajemen Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Karubaga untuk terus berbenah dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. RSUD Karubaga ini satu-satunya Rumah Sakit Umum milik Pemkab Tolikara untuk melayani masyarakat seluruh Tolikara. Karena itu semua kekurangan di RSUD Karubaga menjadi perhatian serius Pemkab Tolikara untuk dilengkapi.

   “Saya mau RSUD Karubaga ini kedepan bisa mandiri, mulai dari manajemen hingga pelayanan kesehatan dilakukan secara mandiri tanpa intervensi dari Pemerintah Daerah. Meski dukungan finansial seperti dana dan alat kesehatan (Alkes) menjadi tanggungan Pemkab Tolikara,” ujar Bupati Usman G. Wanimbo ketika berkunjung di RSUD Karubaga di Igari, Selasa (10/3) pekan kemarin.

  Bupati Usman G. Wanimbo,SE, MSi menambahkan seiring perkembangan zaman dan teknologi, untuk meningkatkan kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Karubaga. Saat ini kita telah pasang Internet Visat melalui Kominfo Tolikara guna memberikan akses Manajemen RSUD dan Tenaga medis untuk akses pelayanan kesehatan secara online baik itu laporan maupun pengetahuan pelayanan kesehatan secara luas.

   “Internet visat ini disediakan guna mengakses laporan pelayanan ke pusat,selain itu pengetahuan pelayanan kesehatan juga bisa diakses dengan cepat, apalagi saat ini era  digital”. pinta Bupati Usman G. Wanimbo.

  Menurutnya guna meningkatkan Sumber Daya Manusia SDM bidang kesehatan terutama skill atau keterampilan bagi tenaga medis menjadi perhatian serius Pemkab Tolikara dengan dukungan pelatihan simulasi kesehatan dan lainnya. Tahun depan 2021 Pemkab Tolikara memberikan Dokumen Pengelolaan Anggaran sendiri bagi RSUD Karubaga dengan begitu manajemen RSUD Karubaga secara mandiri mengelola keuagan secara mandiri. Selain pendapatan dari APBD itu manajemen RSUD juga bisa menerima pendapatan dari retribusi dan pendapatan sah lainnya.

  Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Tolikara Alsen Genongga melalui Direktur Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Karubaga Dokter Delwien Ester Jacop berharap dengan adanya kunjungan Bupati Usman G. Wanimbo ini tentunya semua kekurangan terlengkapi terutama tenaga medis,selain itu staf manajemen RSUD juga masih perluh dilengkapi staf yang berkompeten. 

   “Kami berharap kunjungan Bupati Usman G. Wanimbo ini mampu mengatasi kekurangan tenaga manajemen RSUD  dan tenaga medis selain itu beberapa penunjang pelayanan kesehatan bisa teratasi tuntas,”ungkap dr Delwien Ester Jacop. (Diskominfo Tolikara)*