Bupati Mathius Awoitauw (foto:Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si dengan tegas menyampaikan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura supaya membatasi kegiatan yang menimbulkan terjadinya kerumunan banyak orang di tengah pandemi Covid- 19 ini.  Bahkan bupati menekankan agar kegiatan open house Natal yang biasanya digelar di setiap keluarga untuk sementara harus ditiadakan, mengingat saat ini masih terjadinya pandemi Covid- 19.

“Saya juga dengan keluarga tidak akan melaksanakan open house karena adanya Covid-19 ini,” kata Mathius Awoitauw kepada wartawan di Sentani, Sabtu (19/12).

Menurutnya, larangan dan pembatasan sementara terhadap kegiatan yang menimbulkan kerumunan banyak orang di tengah pandemi Covid-19 itu untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 selama masa perayaan Natal tahun ini.

“Jangan sampai kegiatan yang mengumpulkan banyak orang akan muncul cluster baru penyebaran Covid- 19,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu meminta masyarakat untuk tetap mematuhi aturan terlebih khusus terkait penerapan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19 ini. Apalagi kata dia sampai saat ini beberapa wilayah  di Kabupaten Jayapura sudah menjadi zona merah penyebaran Covid- 19. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada penyebaran Covid-19 yang lebih luas lagi jika masyarakat tidak mematuhi aturan penerapan protokol kesehatan sebagaimana yang sudah di tegaskan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Saya berharap agar masyarakat tetap mematuhi aturan penerapan protokol kesehatan untuk membatasi dan mencegah penyebaran Covid-19, supaya tidak semakin meluas,”pungkasnya.(roy/tho)