Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat meresmikan Diving Center Dafonsoro Club  di Pantai Tablanusu Depapre, Sabtu (22/2). (FOTO: Robert Mboik cepos)

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE,M.Si meresmikan Diving Center Dafonsoro Club  yang berlokasi di Pantai Tablanusu Depapre, Sabtu (22/2).

Dalam sambutannya, bupati meminta kepada masyarakat adat, tokoh  agama dan tokoh pemuda yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura, khususnya di daerah tersebut supaya menjaga alam supaya bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Kawasan perairan itu kita punya. Jadi jangan berharap kepada orang lain untuk membantu, kita harus bangkit di atas kekayaan potensi alam kita,” kata Mathius Awoitauw mengajak masyarakat dalam kegiatan peresmian Diving Center Dafonsoro Club di Pantai Tablanusu, Distrik Depapre, Sabtu (22/2).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwista Kabupaten Jayapura, Dr. Joko Sunaryo menjelaskan, Diving Center yang baru diresmikan Bupati Jayapura itu mempunyai  berbagai keunggulan. Baik alamnya, fasilitas dan sarana yang dimiliki. Untuk peralatan misalnya, club diving itu menggunakan peralatan  berstandar internasional. Kemudian, para pengunjung juga akan dilayani oleh pemandu diving yang sudah bersertifikat, yang sudah memenuhi standar keselamatan.

“Kita punya enam instruktur atau pemandu yang sudah terlatih, itu kami biayai untuk berlatih di luar,” ungkapnya.

Untuk biaya, dia tidak merincikan terlalu jauh. Namun untuk urusan itu tentu terjangkau dan pasti para penggemar diving tidak akan menyesal jika mendatangi Club Diving Dafonsoro itu.

Dia menambahkan, diving center itu dibangun dengan pembiayaan APBN melalui kementerian pariwisata. Tidak hanya bangunan, tapi fasilitas dan sarana penunjang club diving itu juga dilengkapi. Menurutnya, fasilitas itu dibangun untuk tujuan memajukan sektor pariwisata unggulan di wilayah itu, yang mana tentunya akan mengarah kepada pemberdayaan ekonomi maayarakat lokal. Saat ini, ada tiga spot reguler yang disajikan untuk menyelam. Namun, konsumen bisa saja memilih lebih dari tiga spot reguler yang disiapkan Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura itu.(roy/tho)