Suasana pertemuan antara Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si  bersama timevent organaizer dalam rangka persiapan FDS yang akan digelar bersamaan dengan PON di Horex Hotel Sentani, Sabtu (7/3). (FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Pariwisata untuk melaksanakan Festival Danau Sentani (FDS) bersamaan dengan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX   pada Oktober nanti, rupanya tidak main-main.

Bahkan Bupati Jayapura, Matius Awoitauw, SE, M.Si bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura sudah menggelar rapat dengan tim event organaizer dalam rangka persiapan FDS dan mendiskusikan tentang materi yang akan ditampilkan dalam festival tersebut.

“Kita menghendaki agar FDS ini tidak sekadar digelar bersamaan dengan PON tapi harus semeriah PON sehingga ada daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk kembali datang ke Kabupaten Jayapura,” kata Mathius Awoitauw kepada wartawan di Sentani, Sabtu (7/3).

Bupati Matius sangat berharap agar kegiatan ini dapat memberi dampak tersendiri bagi masyarakat terkait pemberdayaan ekonomi pada saat penyelenggaraan PON tersebut. 

Orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu berharap agar PON ini selain sukses dari sisi kesiapan administrasi dan prestasi, tapi juga harus sukses dari sisi ekonomi yang tentunya harus betul-betul dipersiapkan oleh pemerintah dan masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura Joko Sunaryo menjelaskan, FDS pada tahun ini sangat spesial karena memang dilaksanakan bersamaan dengan PON yang tentunya dihadiri oleh ribuan masyarakat dari luar Provinsi Papua.

“FDS tahun ini sangat spesial karena bertepatan dengan PON, ini bagian dari komitmen bupati untuk menyukseskan PON, bukan hanya prestasi yang ingin dicapai, tapi bagaimana PON juga menjadikan sukses ekonomi bagi masyarakat Papua khususnya di Kabupaten Jayapura,” katanya

Dia  mengatakan, FDS  sekaligus menjadi tempat wisata bagi peserta PON dan tamu lainnya yang nanti akan berkunjung ke Papua, khususnya Kabupaten Jayapura pada saat PON. Kata dia, momen ini sangat strategis untuk promosi pariwisata di Kabupaten Jayapura.

“Sebagai tuan rumah PON, kita akan mempersembahkan yang terbaik untuk tamu-tamu kita, sehingga event ini menjadi kenangan, merangsang para tamu kita bisa kembali untuk menikmati keindahan dan keramahan masyarakat Papua,”tambahnya. (roy/tho)