Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si saat menanam pohon sagu di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Jumat (15/5) (FOTO: Robert Cepos)

SENTANI- Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si telah mencanangkan program budidaya sagu di Dusun Sagu milik masyarakat yang ada di Distrik Sentani Timur tepatnya di Pantai Kalkote, Sentani Timur. Program ini dilaksanakan pemerintah sebagai salah satu upaya untuk menjaga ketahanan pangan lokal bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Jayapura.

” Hari ini kita canangkan budidaya pohon sagu, budidaya sagu terus kita tingkatkan,” kata Mathius Awoitauw kepada wartawan di Sentani Timur, Jumat (15/5).

Dia mengatakan, keberadaan Dusun Sagu saat ini semakin hari semakin menipis di tengah budaya konsumtif masyarakat yang cukup tinggi, kegiatan budidaya yang masih sangat rendah. Sehingga dengan pencanangan penanaman pohon sagu yang dilaksanakan Bupati Matius di Distrik Sentani Timur itu menjadi contoh dan dorongan bagi masyarakat lokal untuk kembali melakukan budidaya pohon sagu dengan menanam sagu di Dusun Sagu yang ada.

“Apa yang kita canangkan ini menjadi bagian dari program pembukaan Jalan Telagaria Yabaso. Di mana ada sejumlah pohon sagu juga yang ditebang meskipun pemerintah sudah menggantikan tanaman itu. Tetapi pemerintah dengan Perda Sagu   yang ada wajib untuk menanam kembali,” kata mantan ketua KPU Kabupaten Jayapura itu.

Dia menambahkan, terkait dengan upaya menanam kembali pohon sagu, pihak pemerintah sendiri akan membantu untuk pengadaan bibit atau anakan pohon sagu dan sekaligus tenaga kerja untuk menanam pohon sagu tersebut. 

Dan sepanjang ruas jalan yang baru dibuka itu akan dipulihkan kembali dengan dilakukan penanaman kembali anakan atau bibit pohon sagu.

“Itu tandanya kita kembali ke kampung dan mengembangkan potensi yang ada untuk ketahanan pangan kita ke depan,” pungkasnya.(roy/tho)