Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Workshop Guru Kreatif (WGK) di Grand Ball Room Hotel Cempaka, Jakarta, Sabtu (23/2) kemarin.( FOTO : HUMAS PEMPROV FOR CEPOS)

JAYAPURA- Dalam rangka sinergitas dan kolaborasi kerja dengan stakeholder demi terwujudnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkualitas, Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Pusat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Workshop Guru Kreatif (WGK) di Grand Ball Room Hotel Cempaka, Jakarta, Sabtu – Senin, (23-25/2) lalu.

 Ikut ambil bagian dalam kegiatan ini pula, Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Provinsi Papua, Ny. Yulce Enembe.

 Ketua Umum HIMPAUDI, Prof. Dr. Ir. Hj. Netti Herawati, M.Si., mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan dan mempertajam pendataan DAPODIK (Data Pokok Pendidikan), sebab, pendataan DAPODIK inilah yang dijadikan dasar dari semua data yang digunakan Pemerintah Indonesia untuk PAUD.

 Ia juga mengajak semua stakeholder yang membidangi PAUD dari berbagai sisi juga institusi bergerak bersama melakukan pendataan. 

 “Dimulainya program unggulan HIMPAUDI, yaitu Workshop Guru Kreatif dan Workshop Keluarga Kreatif dan dimulainya perjalanan Roadshow WGK di seluruh Indonesia.  Tujuan dari program WGK dan WKK ini dalam rangka menuju gerakan PAUD berkualitas,” katanya.

 Selanjutnya tujuan umum lainnya adalah melanjutkan gerakan pencegahan stunting bagi Anak Usia Dini di Indonesia, serta melakukan gerakan akreditasi bagi lembaga PAUD di Indonesia.

“Akreditasi sekolah mempunyai tujuan, memperoleh gambaran kinerja lembaga PAUD sebagai alat pembinaan. Kemudian pengembangan dan peningkatan mutu, menentukan tingkat kelayakan sebuah lembaga PAUD dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan,”tandasnya.(gr/ary)