Tampak pemandangan alam Danau Sentani dan Gunung Cycloop yang dapat dinikmati dari Bukit Yotoro Yomanjo, Kabupaten Jayapura. Gambar ini diambil Minggu (12/7). ( FOTO: Elfira/Cepos)

JAYAPURA-Kabupaten Jayapura bisa dibilang memiliki destinasi wisata yang komplit. Selain objek wisata pantai, danau dan air terjun, bumi Kenambai Umbai juga memiliki perbukitan menyajikan pemandangan alam yang sangat indah.

Selain Bukit Teletabis yang sudah banyak dikenal masyarakat akan keindahannya, ternyata masih ada satu bukit yang selama ini belum begitu dikenal masyarakat yaitu Bukit Yotoro Yomanjo.

Dari atas Bukit Yotoro Yomanjo yang berada di Kampung Kwadeware, Distrik Waibu, kita dapat menikmati keindahan alam di sekitar Danau Sentani dan Gunung Cycloop.

Untuk menjangkau kawasan Bukit Yotoro Yomanjo tidak terlalu sulit. Hanya membutuhkan waktu sekira 5 menit dari Dermaga Patouw menggunakan speed boat. Budget yang dikeluarkan juga sangat ramah dengan kantong yaitu hanya Rp 5.000 perorang dan motoris siap mengantar ke lokasi. 

Bukit Yotoro sendiri, namanya tidak setenar Bukit Teletubies atau jembatan warna-warni di Kampung Yoboi yang sudah banyak dikunjungi warga. Namun, di bukit ini, warga bisa menikmati sunset dan sunrise jika memilih untuk menginap atau camping.

Bukan hanya itu, pengunjung juga bisa menyaksikan hamparan savana hijau di atas ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Serta, rumah-rumah warga yang berdiri kokoh di atas danau. 

Sejumlah warga sedang camping di  Bukit Yotoro Yomanjo, Sabtu (11/7). ( FOTO: Elfira/Cepos)

Berto salah seorang warga setempat mengakui kalau  Bukit Yotoro jarang dikunjungi warga. Hal ini dikarenakan warga setempat belum mengetahui lokasinya. Padahal, di bukit tersebut menyajikan panorama alam yang indah.

“Harapannya tempat ini bisa menjadi potensi wisata bagi warga Kabupaten Jayapura dan sekitarnya,” ungkapnya.

Menurut Berto, sudah ada perencanaan lokasi tersebut menjadi lokasi wisata bagi masyarakat yang ada di  Sentani dan sekitarnya. Hal ini tidak terlepas dari  Kampung Kwadeware yang menyimpan beberapa situs sejarah.

Sementara itu, Irsan salah satu pengunjung di Bukit Yotoro kagum akan panorama alam yang disajikan ketika berada di bukit tersebut. 

“Banyak tempat-tempat wisata keren di Sentani yang belum diketahui publik dan belum banyak terjamah,”  ungkapnya.

Namun ia berharap, siapaun nantinya yang ingin berkunjung ke lokasi ini. Untuk tidak membuang sampah sembarangan, bila perlu membawa kantong sampah sendiri. Dengan begitu, mereka turun menjaga keindahan bukit yang berada di danau sentani itu. (fia/nat)