Beranda METROPOLIS Buat Berbagai Inovasi, Pertahankan Tren Kerja Positif Dispendukcapil

Buat Berbagai Inovasi, Pertahankan Tren Kerja Positif Dispendukcapil

0
Buat Berbagai Inovasi, Pertahankan Tren Kerja Positif Dispendukcapil
Suasana Sertijab Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura, di Kantor Dispendukcapil Kota Jayapura, Selasa (18/5) kemarin. ( FOTO: gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Usai pengambilan janji/sumpah dan pelantikan oleh Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., serah terima jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dilakukan di Kantor Dispendukcapil Kota Jayapura, Selasa (18/5) kemarin.

Dipimpin Sekda Kota Jayapura, Frans Pekey, serah terima jabatan dilakukan antara pejabat yang lama, yakni Andi Rahmiwati, kepada Raymond Mandibondibo selaku pejabat yang baru. Sekda Frans Pekey menyebutkan bahwa Dispendukcapil Kota Jayapura masih menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terbaik di lingkungan Pemkot Jayapura.

“Sampai dengan hari ini, capaian, prestasi, inovasi, dan kinerja di lingkungan Dispendukcapil masih yang terbaik di Pemerintah Kota Jayapura. Dispendukcapi masih the best. Ini bukan sekadar lip service atau kata-kata belaka, namun telah diwujudkan teman-teman Dispendukcapil, sehingga mendapatkan berbagai penghargaan. Yang terakhir kita mendapatkan penghargaan layanan publik terbaik dengan nilai A,” terang Frans Pekey dalam sambutannya.

Sekretaris Dispendukcapil Kota Jayapura, Andi Rahmiwati, dinilai sebagai sosok yang berjasa besar mempertahankan tren positif Dispendukcapil dalam memberikan layanan publik terbaik kala diberi mandat menjabat Plt Kadispendukcapil, mengisi kekosongan jabatan yang ditinggal Dr. Merlan Uloli selaku pejabat sebelumnya.

“Ibu Sekdis, Ibu Plt Kadispendukcapil ini tetap kerja dengan gigih. Dibantu para Kabid dan staf, sehingga mampu dalam mempertahankan tren-tren positif dalam pelayanan kependudukan dan catatan sipil di Pemkot Jayapura,” ungkapnya.

Demikian, sambung Sekda Pekey, selaku pejabat yang baru, Raymond Mandibondibo diharapkan mampu mempertahankan tren yang telah dicapai. “Dinas ini menjadi tempat belajar dari daerah-daerah lain. Berkat yang ada di dinas ini kita bagikan kepada teman-teman Dispendukcapil di daerah lain. Artinya, kita menjadi saluran berkat bagi teman-teman Dispendukcapil di kabupaten lain di Papua. Dengan demikian, masyarakat di sana mendapatkan pelayanan yang terbaik, yang tidak lepas dari peran kita dalam kesejahteraan masyarakat di kabupaten tersebut,” sambungnya

 Selain mempertahankan tren positif, Mandibondibo juga diminta untuk meningkatkan kinerja di OPD yang dipimpinnya itu melalui berbagai inovasi. “Ada inovasi baru, bisa kita lakukan terus menerus. Karena sesungguhnya, ide maupun inovasi itu lahir mengikuti kemajuan dan perkembangan zaman. Inovasi ini bisa lahir dari mana saja dan dari siapa saja, bisa dari staf, kabid, maupun kadis. Yang penting, inovasi ini diusulkan dan dibahas, sehingga kalau cocok, maka dapat diterapkan,” jelasnya.

 Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura, Raymond Mandibondibo, mengaku dirinya penuh kekurangan, namun bersyukur dapat diberikan kesempatan memimpin Dispendukcapil.

 “Kami tahu bahwa tugas di Dispendukcapil ini tidak mudah. Kawan-kawan di Dispendukcapil berkinerja dengan sangat baik, dan melanjutkan kinerja yang sudah sangat baik itu bukanlah hal yang mudah. Namun, yang pasti, ketika ada kerja sama dan dukungan dari semuanya, tugas yang sulit bisa diatasi bersama. Sebab, yang paling penting dalam organisasi itu adalah kerja sama,” jelas Raymond Mandibondibo.

 Menempati jabatan yang baru, Mandibondibo mengaku perlu waktu adaptasi. Namun, besar harapannya dapat diterima di lingkungan Dispendukcapil. Terlebuh dengan melihat kinerja luar biasa dari pimpinan Dispendukcapil sebelumnya oleh Merlan Uloli, dilanjutkan Andi Rahmiwati.

 “Saya harap, saya dapat diterima di lingkungan Dispendukcapil, di mana kita jalan bersama-sama dan apa yang menjadi kekurangan saya, dapat dibantu. Dispendukcapil telah melakukan banyak hal, baik oleh Ibu Merlan Uloli, serta dilanjutkan Ibu Sekdis Andi Rahmiwati. Bersama Ibu Sekdis, mudah-mudahan kita bisa bekerja sama. Sambil berjalan, sekda dan para asisten selaku senior, akan menuntun dan membimbing kami dalam melaksanakan tugas pelayanan,” pungkasnya. (gr/wen)

error: Content is protected !!