Rahman penjual buah di Sentani saat menunjukkan stok buah rambutan yang disediakan dari Merauke, Jumat (22/1). ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Memasuki awal tahun, buah rambutan, langsat dan durian mulai membanjiri pasar penjual buah di seputaran Jayapura, Abepura dan Sentani, seperti yang terlihat di depan Mega Abepura dan beberapa loksi penjualan buah di Sentani.

 Maria penjual buah di depan Mega Waena Abepura mengatakan, untuk saat ini musim Buah Langsat. Sementara untuk Durian dan Rambutan masih didatangkan dari luar Jayapura.

 “Buah Langsat kami ambil stok lokal dari Maribu, Genyem dan Depapre. Sementara untuk Durian kami datangkan dari Manokwari, Sabron dan Dosai.  Untuk Rambutan paling banyak kami datangkan dari Merauke,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (22/1).

 Lanjutnya, untuk harga Langsat Rp 50 ribu/kg, Rambutan Rp 50 ribu/kg dan Durian Rp 100 ribu/ 2 buah – 3 buah  tergantung ukuran.

 Diakuinya, untuk saat ini Durian yang paling banyak diminati. Selain Langsat dan Rambutan.

  Sementara itu Rahman penjual buah di Sentani mengatakan, permintaan buah mulai meningkat khususnya untuk Rambutan dan Durian.

 “Kami menyediakan berbagai jenis buah mulai dari Apel, Anggur, Pisang, Jeruk, Semangka, Rambutan dan sebagainya. Harga bervariasai untuk Jeruk Rp 10 ribu/kg, Pisang Rp 10 ribu/sisir, Apel Rp 60 ribu/kg, Anggur Rp 80 ribu/kg, Rambutan Rp 50 ribu/kg dan durian stok lagi kosong,” katanya.

Permintaan buah paling banyak dicari adalah Buah Durian, sementara untuk buah lainnya permintaan standar merata. (ana/ary)