Kantor Satlantas Polres Jayapura yang terendam air akibat hujan deras yang melanda Kota Sentani dan sekitarnya, Rabu (3/2) malam. ( FOTO: Dok polisi)

SENTANI-Hujan deras yang mengguyur Kota Sentani dan sekitarnya sejak beberapa hari terakhir ini menyebabkan kawasan perumahan BTN Gajah Mada terendam air (banjir).

Kapolsek Sentani Kota, Kompol Ruben Palayukan, S.PT, S.IK, langsung menerjunkan personelnya untuk berpatroli dan membantu mengevakuasi warga di BTN Gajah Mada Yahim.

“Seperti kita ketahui, akibat curah hujan yang tinggi, termasuk Rabu (3/2) tadi malam, kami langsung menurunkan anggota untuk berpatroli ke tempat-tempat rawan bencana, kami membantu mengevakuasi warga di perumahan BTN Gajah Mada Yahim tepatnya di Jalur 5 terendam banjir,” ujar Kompol Ruben Palayukan, Kamis (4/2).

Lanjut dia, warga di Perumahan BTN Gajah Mada Yahim yang rumahnya terendam dievakuasi dengan menggunakan mobil patroli, untuk sementara mengungsi di rumah ibadah seperti masjid yang terletak di Perumahan Dobonsolo, lokasinya tidak jauh dari perumahan Gajah Mada.

“Untuk itu, kami imbau kepada warga perumahan setempat, untuk selalu waspada, apalagi dalam keadaan seperti ini bisa saja tindakan kriminal berupa pencurian terjadi. Supaya mereka menjaga keselamatan diri maupun sesamanya di lingkungan sekitar perumahan, apalagi situasi dan intensitas curah hujan masih tinggi,” tutup Kompol Ruben Palayukan.

Selan BTN Gajah Mada, Kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jayapura, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura juga tergenang banjir.

Banjir setinggi 30 sentimeter merendam halaman kantor Satlantas. Sejumlah kendaraan roda dua maupun empat yang terparkir di halaman Kantor Lantas juga ikut terendam banjir.

Banjir kali ini selain dipicu curah hujan yang tinggi sejak dua hari terakhir, juga dipicu tersumbatnya sejumlah saluran atau drainase di ruas jalan depan Kantor Satlantas Polres Jayapura.

Kasat Lantas Polres Jayapura Iptu Jusman Mori, S.IK, MM, mengatakan, selain kantornya yang terendam banjir, pihaknya melihat ada beberapa ruas jalan utama di Kota Sentani yang terendam banjir akibat hujan deras Rabu (3/2) malam.

“Pembersihan jalan ini dipimpin langsung oleh saya selaku Kasat Lantas Polres Jayapura bersama Kasat Samapta AKP Imanuel Pamean, dibantu personel Satuan Lalu Lintas dan Samapta Polres Jayapura, serta masyarakat setempat,” jelas Iptu Jusman Mori, Rabu (3/2), malam.

Selain itu, Kasat Jusman menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas (Lakalantas) dan pohon tumbang akibat curah hujan yang tinggi, personel Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura melaksanakan patroli ke seputaran Kota Sentani sampai dengan Batas Kota Sentani.

“Kelancaran lalu lintas di Kota Sentani adalah prioritas utama, biarpun pada saat yang sama, kantor kami tergenang air akibat hujan yang deras, namun kami di Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura tetap melakukan patroli jalan raya, guna mengantisipasi kejadian serupa yang bisa menghambat kelancaran lalu lintas,”pungkasnya. (roy/tho)